5 Tips Membuat Artikel Review Produk Afiliasi yang Nendang

Menghasilkan penjualan, itulah tujuan akhir dari pembuatan sebuah artikrel review. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa salah satu cara pemasaran produk yang paling banyak dilakukan di internet adalah dengan melalui artikel review. Contoh artikel review misalnya artikel ini nih, bagaimana cara dan langkah demi langkah membuat blog untuk pemula?

Bicara mengenai artikel review, nah kali ini saya tertarik untuk share 5 tips agar artikel review yang Anda buat bisa menghasilkan lebih banyak penjualan. Semoga saja kelima tips ini bisa bermanfaat bagi perkembangan bisnis dan sukses Anda :).

1. Akan Lebih Baik Jika Anda Sudah Pernah Mencoba Produk Tersebut.

Pengalaman memang guru yang terbaik, termasuk dalam hal memasarkan suatu produk. Akan sangat baik jika Anda memasarkan suatu produk/barang yang memang sudah pernah Anda coba, dengan begitu Anda bisa menjelaskan manfaat/kegunaan produk tersebut secara objektif dan sebenarnya. Tanpa ada rekayasa.

Hal semacam ini akan mempermudah Anda ketika ada calon pembeli yang bertanya, misalnya mereka bertaya lewat komentar pada artikel review yang Anda buat. Tentu jika Anda sudah pernah mencoba produk tersebut, Anda akan dengan santai menjawab pertanyaan pembaca itu.

Nah artikel yang ditulis karena pengalaman pribadi Anda biasanya akan lebih dipercayai oleh pembaca. Jadi info yang Anda sampaikan bisa Anda pertanggung jawabkan dan bukan lagi informasi yang sifatnya “katanya”, misalnya “katanya” bagus, “katanya” cocok untuk pemula, dan seterusnya.

2. Tunjukkan Kelebihan dan Kekurangan Produk Secara Jujur.

Kejujuran tetaplah salah satu hal paling mutlak dalam berbisnis, sedikit saja kebohongan yang Anda lakukan maka reputasi bisnis Anda bisa tercemar dengan cepat. Oleh karena itu tulislah artikel review secara jujur.

Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan produk tersebut, lalu sampaikan kelebihan dan kekurangan itu kepada pembaca artikel review Anda.
Akan tetapi, kalau bisa tunjukkanlah banyak kelebihan dari produk yang Anda pasarkan, sebab semakin banyak kelebihan suatu produk biasanya orang akan lebih tertarik membeli produk tersebut.

3. Tampilkan Bukti-Bukti yang Mendukung Kepercayaan Calon Pembeli.

Pembeli memang benar-benar raja, tentu saja sikap Anda terhadap raja haruslah spesial. Maka dari itu selalu penuhi keinginan mereka, dan salah satu keinginan terbesar dari pembeli adalah keinginan akan rasa aman dari tindakan penipuan. Oleh karena itu sebagai penulis artikel review yang baik, Anda harus memberi rasa aman kepada calon pembeli.

Bagaimana cara memberikan rasa aman kepada calon pembeli?

Caranya adalah dengan memberikan bukti pendukung yang menegaskan bahwa produk yang Anda pasarkan bisa dipercayai. Contoh bukti pendukung misalnya :

  • Testimonial dari pembeli lain yang sudah pernah mencoba produk itu. Contohnya seperti yang saya lakukan di artikel step by step mencari uang lewat Amazon.
  • Tampilkan foto atau profil si penjual produk. Pembeli juga ingin tahu siapa sih orang yang membuat atau menjual produk tersebut, dengan adanya pengetahuan mengenai siapa pembuat produk itu, calon pembeli akan lebih mudah untuk percaya. Oleh karena itu tampilkanlah siapa sih orang yang menjual atau membuat produk itu.

4.Jika Memungkinkan, Berikalah Bonus.

Kenapa gue harus beli lewat loe?

Begitulah pertanyaan dari si calon pembeli yang membaca artikel review Anda. Ya, kenapa mereka harus beli lewat Anda kalau mereka bisa beli langsung ke penjual produknya. Tentunya pertanyaan inilah yang perlu Anda jawab.

Sebagian orang sudah tahu bahwa jika Anda berhasil menjual suatu produk maka Anda akan dapat komisi, dan kecenderungan orang-orang adalah mau sama-sama untung. Setelah Anda untung karena dapat komisi, maka jelas Anda juga harus memberi keuntungan kepada orang yang membeli lewat Anda.

Nah caranya adalah dengan memberikan bonus. Misalnya Anda memasarkan ebook panduan cara membuat blog, maka sebagai bonus Anda bisa berikan hadiah template blog spesial kepada orang-orang yang membeli lewat Anda. Dari sana terciptalah prinsip win-win solution (sama-sama untung).

Untuk masalah bonus ini relatif ya, Anda bisa berikan bonus apa saja yang penting bonus tersebut bermanfaat. Jika Anda tidak ingin keluar uang untuk menyiapkan bonusnya maka Anda bisa buat sendiri bonus tersebut, misalnya Anda bisa berikan bonus dalam bentuk ebook atau video tutorial.

5.Tulislah Artikel Review Secara Original.

Ya ini mutlak perlu, Anda tidak boleh copy paste artikel review punya orang lain. Kalau sampai ketahuan maka bisa-bisa pembeli akan sulit percaya dengan apa yang Anda pasarkan. Memang membuat artikel review terkadang tidak mudah, tapi jika Anda sudah terbiasa maka pasti Anda akan menyukainya.

Nah cara agar Anda bisa menulis artikel review secara mudah adalah sebagai berikut.

  • Carilah informasi mengenai produk yang akan Anda tulis, terutama carilah testimonial dari pembeli lain mengenai produk tersebut. Semakin jelas informasi yang Anda dapatkan semakin baik.
  • Catat kelebihan, kekurangan dan keunikan dari produk tersebut.
  • Selanjutnya silakan buat kerangka artikel (rancangan isi artikel) Anda. Tindakan semacam ini akan mempermudah Anda ketika menulis artikel nantinya.
  • Silakan tuliskan artikel review Anda dengan enjoy :).

Bagaimana? Siap untuk menyajikan artikel review yang super dan mantap? Oke itu dia 5 tips dari saya terakit pembuatan artikel review produk afiliasi yang nendang. Semoga bermanfaa ya.

Tetap semangat dan semoga Anda sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membuat artikel review
  • artikel promosi
  • cara menulis artikel review
  • cara mereview artikel
  • cara menulis review produk
  • artikel review
  • cara mereview produk
  • contoh review produk
  • cara mereview sebuah artikel
  • cara mereview
Be Sociable, Share!