5 Langkah Super Untuk Memulai Bisnis Internet Bagi Pemula

ekspresinya biasa aja dong :).

Memulai bisnis internet, adalah salah satu hal yang sangat diminati saat ini. Berbagai workshop, seminar, panduan, semua banyak diborong dan diminati oleh masyarakat. Memang demam bisnis internet sudah melanda sebagian besar para pemakai internet di Indonesia. Berbagai nilai lebih bisnis ini menjadikan, bisnis internet bisnis primadona di masyarakat.

Akan tetapi, saya yakin masih ada cukup banyak teman-teman kita di luar sana yang belum tahu dari mana dan bagaimana harus memulai bisnis internet ini. Oleh karena itu pada artikel super kali ini saya akan mencoba berbagi tips dan pengalaman lah begitu mengenai bagaimana cara memulai bisnis internet bagi pemula?.

Nah cara memulai bisnis internet bagi pemula ini sudah saya kupas dan kelompokkan dalam 5 langkah jitu nan startegis yang bila dimaknai dan dilakukan secara sungguh-sungguh hasilnya benar-benar mantap dan tidak sederhana dampaknya. Sudah siap untuk memulai? Mari simak yang berikut ini.

1. Awali dengan Visi yang Besar dan Jelas.

Kekuatan sebuah visi ini sangatlah penting, seorang pengusaha dengan visi yang besar dan mulia tentunya akan mendapatkan tambahan modal dari Tuhan :), yaitu semangat dan passions. Bisa kita lihat sekali perbedaan antara orang yang bekerja karena passions (karena punya visi mulia) dibanding mereka yang bekerja karena ingin mengejar uang dan tanpa punya passions.

Yang bekerja dengan passions biasanya semangat sekali bangun saat subuh untuk doa/sholat, dan kemudian memulai pekerjaannya dengan penuh semangat. Sementara orang yang bekerja hanya demi dibayar tanpa peduli manfaatnya bagi orang lain, ia akan malas bangun pagi, ke kantor maunya selama mungkin dan kalau bisa pulang secepat mungkin. Jelas beda bukan?

Nah dalam bisnis internet, kita harus memulai dengan visi yang besar dan jelas. Apa visi, apa goal yang mau Anda capai dari bisnis ini? Berfokuslah pada dampak bagi sesama.

Ambil contoh saya mendirikan JefferlySuperClub ini dengan visi Indonesia bebas pengangguran dengan bisnis internet. Nah dari visi tersebut lahirlah berbagai misi dan tindakan yang harus dilakukan, dan dari sanalah semua tim JefferlySuperClub wajib melakukan tindakan yang sudah direncanakan sebelumnya, sehingga dari sana timbul impact (dampak) bagi masyarakat.

Jadi, apa visi Anda? :).

2. Tentukan Produk Seperti Apa yang Akan Anda Jual.

Setelah kita punya visi, maka kita perlu punya misi dong. Nah dari misi inilah kita akan melahirkan yang namanya produk. Dalam bisnis internet harus ada sesuatu yang akan kita jual, entah itu berupa :

  • Produk fisik, seperti makanan khas daerah, pakaian, aksesoris, dan sebagainya.
  • Jasa, seperti jasa pembuatan blog, jasa desain, jasa penulisan artikel dan banyak lagi.
  • Produk digital, seperti ebook, video tutorial atau berupa aplikasi untuk mempermudah orang lain.
  • Ataukah Anda mau menjual ruang iklan.

Akan tetapi bentuk produknya saja tidak cukup, kita harus menentukan gambaran produknya secara jelas, bagaimana cara penyajiannya, apa nilai lebihnya bagi konsumen, dan sebagainya.

Dalam menentukan produk, Anda bisa memperhatikan 2 faktor berikut ini.

  • Minat Anda. Jika memungkinkan pilihlah dan pasarkan produk di bidang yang Anda minati. Misalnya Anda adalah suka memancing, nah jika ada coba Anda cari orang yang menjual produk panduan memancing atau produk perlengkapan memancing di internet, lalu produk tersebut Anda pasarkan. Dan dari sana usahakan Anda bisa menjual produk-produk tersebut agar Anda mendapatkan untung (profit).
  • Lingkungan sekitar Anda. Lingkungan juga bisa menjadi faktor penting dalam berbisnis, coba lihat produk apa yang banyak di sekitar Anda tapi jarang ada di tempat lain. Ambil contoh di Palembang itu kan banyak pempek, nah sedangkan di daerah lain itu tidak terlalu banyaklah yang menjual. Jika Anda tinggal di Palembang maka produk pempek bisa Anda jual dan pasarkan ke seluruh Indonesia lewat internet. Coba deh, setiap kota pasti punya ciri khas atau sesuatu yang beda yang bisa dijual ke daerah lain.

Menurut saya pribadi, 2 faktor di atas sudah cukup untuk menetukan seperti apa produk yang akan kita jual.

Gimana cari produknya? Gampang… kalau Anda belum punya produk Anda bisa berbisnis afiliasi.

3. Bikin Blog dan Akun Social Media.

Apapun bisnisnya, blog adalah mainannya :). Ya sebagian besar para pelaku bisnis internet biasanya mereka punya blog. Kenapa blog?

Sebab lewat blog kita bisa berbagi ilmu dan sekaligus promosi secara efektif dengan mudah dan praktis. Banyak inovasi dalam hal pemasaran yang bisa kita lakukan degan blog.

Misalnya saja begini, Anda menjual produk perlengkapan memancing, nah tentu saja orang-orang yang suka memancing akan mencari banyak info seputar memancing lewat internet. Dan bayangkan, kalau saja orang-orang yang suka mancing tadi menemukan blog Anda, di mana blog Anda berisi banyak info memancing, tentu saja mereka akan suka. Nah apalagi kalau di dalam blog tersebut Anda promosikan produk perlengkapan memancing yang Anda jual, bukan tidak mungkin para penyuka mancing tadi akan membeli produk Anda :).

Menarik sekali ya? Jadi, mari ciptakan dan kembangkan blog Anda untuk sukses berbisnis internet.

Tidak bisa bikin blog? Tenang banyak koq panduan membuat blog yang lengkap dan cocok untuk pemula.

Nah selain blog kita juga bisa memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Peran jejaring sosial di sini adalah untuk membangun relasi dengan pelanggan dan calon pembeli produk kita. Dengan relasi yang baik, mudah-mudahan mereka akan rutin membeli produk dari kita.

4. Promosikan, dan Dapatkan Pelanggan.

Setelah Anda punya blog, punya akun jejaring sosial, punya produk yang siap dipasarkan, maka jangan tunda lagi. Segera promosikan dan buat semua orang tau akan produk Anda. Semakin banyak orang yang tau tentang produk Anda, maka mudah-mudahan akan semakin banyak orang yang membeli dari Anda.

Bagaimana cara promosinya? Kita bisa pakai dua cara, promosi di dunia nyata dan promosi di dunia maya (internet). Cara promosi di dunia nyata  misalnya :

  • pakai brosur.
  • promosi lewat mulut ke mulut.
  • promosi dengan stiker.
  • promosi pakai proposal ke pihak tertentu.
  • dan banyak lagi.

Sementara untuk promosi di dunia maya, bisa dengan iklan di internet, dengan promosi di jejaring sosial, promosi lewat forum, dan banyak lagi. Anda bisa baca berbagai macam tips promosi yang sudah dibahas di blog ini :).

5. Bangun Silaturahim dengan Pelanggan.

Rezeki itu datangnya melalui silaturahim lho :), termasuk dalam hal bisnis internet. Nah agar rezeki dari bisnis internet kita semakin lancar, maka jangan lupa untuk membangun silaturahim dengan para pelanggan atau rekan-rekan kita.

Bagaimana cara membangun silaturahminya? Tenang caranya sederhana koq, misalnya dengan aktif di forum-forum begitu, rajin berbagi ilmu atau kiat/tips di jejaring sosial, berikan nilai bagi sesama dan banyak lagi.

Untuk itu mari kita baikkan hubungan kita dengan sesama, sehingga dengannya rezeki kita semakin super.

Baik rekan pembaca, itu dia sharing saya kali ini, semoga memberi kebaikan dan manfaat yang luar biasa untuk Anda.

Tetap semangat dan selamat berkarya.

Jefferly Helianthusonfri

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membuat visi dan misi untuk usahawan yang baik dan benar
  • cara menghasilkan uang dari internet untuk pemula
  • cara menghasilkan uang dari internet bagi pemula
  • cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula
  • internet bagi pemula
  • cara dapat uang dari internet untuk pemula
  • cara bisnis di internet untuk pemula
  • visi dan misi memulai usaha oleh seorang wirausaha
  • apa yang harus kita lakukan jika produk anda kurang diminati
  • cara mendapat uang dari internet bagi pemula
Be Sociable, Share!