5 Ide Bisnis Luar Biasa dengan Kemampuan Menulis

Halo sahabat yang luar biasa, bagaimana kabar Anda? Semoga super dan baik selalu ya.

Sahabat Indonesia yang super, kemampuan menulis memang adalah salah satu aset yang sangat berharga bagi orang-orang yang memilikinya. Sudah bukan rahasia umum, bahwa dengan kemampuan menulis yang baik kita bisa mendapatkan banyak penghasilan. Entah itu dengan menjadi penulis, wartawan, dan berbagai profesi lain yang berkaitan langsung dengan dunia menulis.

Nah pada aritkel ini saya tertarik untuk membahas mengenai 5 ide bisnis yang bisa kita hasilkan dari kemampuan menulis. Jadi bagi teman-teman yang hobi menulis dan mau menguangkan hobi tersebut maka artikel ini pasti akan sangat berguna. Di sini kita akan bahas 5 profesi apa saja yang bisa kita jalankan jika kita memiliki kemampuan yang baik dalam dunia menulis.

Langsung saja, ini dia sajian maknyusnya :).

1. Menjadi Penulis Buku.

J.K Rownling (penulis novel Harry Potter), salah satu penulis tersukses sepanjang masa.

 Ya kalau ini pasti, dengan menjadi penulis kita pasti bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan menulis. Apalagi kalau bisa sampai jadi penulis best seller, wah banyak banget deh rezekinya. Oleh karena itu jika teman-teman memang suka menulis maka coba saja hubungi penerbit dan tanyakan bagaimana prosedur kerja samanya.

Pihak penerbit buku itu sangat terbuka lho, kalau kita mau mereka pasti membimbing kita untuk bekerja sama menerbitkan buku. Pengalaman saya dulu, saya langsung telepon ke bagian redaksi, dan puji syukur sekali saya mendapatkan banyak penjelasan seputar cara menerbitkan buku.

Akhirnya setelah melalui berbagai proses belajar, saya pun berhasil menjadi penulis buku di usia yang kurang dari 16 tahun.

O iya, saya juga punya tips nih untuk teman-teman yang mau mencoba bekerja sama dengan penerbit :

  • Menulislah karena passions, kalau kita menulis dengan passions maka kita tidak akan mudah jenuh dan hampir selalu bisa semangat menulis. Jangan dulu mengejar mendapatkan banyak uang, ketika baru pertama kali menulis buku. Berfokuslah kepada kegiatan menghasilkan karya yang luar biasa dan bermanfaat, maka lama kelamaan uang akan mengejar Anda.
  • Menulislah dengan bahasa yang sederhana, kalaupun tulisan kita tidak begitu spektakuler tapi mudah dipahami, maka pasti pembaca akan menyukainya. Jadi akan sangat baik, kalau kita memakai bahasa yang sederhana saja di berbagai karya tulis kita.
  • Bangun relasi dengan banyak orang. Ya ciptakan networking dengan berbagai pihak, mulai dari rekan-rekan penulis, wartawan, editor-editor dan tentunya bangun relasi yang baik dengan para pembaca karya tulis Anda.

2. Menjadi Penulis Ebook.

Juga merupakan profesi yang dapat kita jadikan sebagai sumber penghasilan dari kegiatan menulis. Menjadi penulis ebook ini mirip seperti menjadi seorang penulis buku, hanya saja kita menerbitkan bukunya (karya ebook) kita lewat internet. Dan kita sendiri yang menjualnya, tanpa perlu bantuan dari penerbit.

Contoh nyata dari produk ebook ini bisa Anda lihat di situs Sekolah Bisnis Ebook ini. Saya sendiri juga seorang penulis ebook, jadi disamping sebagai penulis dan blogger, menjadi penulis ebook termasuk salah satu cara yang saya lakukan untuk menambah penghasilan :).

Untuk menjadi penulis ebook tidaklah terlalu sulit koq, selagi kita mau belajar kita pasti bisa. Jika Anda tertarik untuk menghasilkan uang dengan berbisnis ebook silakan baca artikel langkah demi langkah menghasilkan uang dengan ebook.

3. Menjadi Seorang Blogger.

Ya, blogger adalah salah satu profesi paling menyenangkan di dunia, sebab selain bisa dilakukan secara paruh waktu, menjadi blogger juga memudahkan kita untuk berkarya dan berekspresi. Apalagi sekarang sudah jamannya teknologi, jadi blogger bisa berkarya lewat banyak media, entah itu lewat tulisan di blog, lewat berbagai situs jejaring sosial dan berbagai forum yang ada di internet.

Penghasilan dari menjadi seorang blogger pun cukup fantastis jika dikerjakan secara sungguh-sungguh, tengoklah kisah sukses Kang Herman yang bisa jadi jutawan setelah menjadi seorang blogger, meski sebelumnya ia adalah karyawan.

Tertarik untuk menjadi blogger?

Mari segera memulai. Jika Anda butuh panduan untuk belajar membuat blog, maka silakan klik di Cara dan Panduan Membuat Blog.

4. Menjadi Pebisnis Jasa Penulisan Artikel.

Salah satu ide bisnis yang sedang jadi trend di internet saat ini adalah jasa penulisan artikel. Pertumbuhan jumlah blog dan blogger yang sangat pesat menjadikan persaingan menyajikan konten (artikel) yang berkualitas pun menjadi semakin sengit. Untuk itu blogger-blogger yang kadang tidak sempat menulis artikel, sering memanfaatkan jasa penulisan artikel.

Tarif jasa penulisan artikel sendiri cukup beragam, namun biasanya harga pasarannya adalah 3000 – 5000 Rupiah untuk 100 kata artikel bahasa Indonesia, dan 4000-7000 Rupiah untuk 100 kata artikel berbahasa Inggris. Jadi, untuk satu artikel sepanjang 400 kata saja, seorang penulis jasa penulisan artikel bisa mendapatkan profit sampai belasan ribu. Itu baru satu artikel, bagaimana kalau dalam satu bulan Anda bisa menulis sampai 100 artikel.

Cukup menjanjikan bukan? Nah jika Anda tertarik belajar jasa penulisan aritkel ini silakan baca artikel hasil wawancara saya bersama Ahmad Wibawa, seorang rekan yang sudah cukup berpengalaman dalam bisnis jasa penulisan artikel ini.

5. Menjadi Seorang GhostWriter.

Ghost writer juga merupakan profesi yang cukup menjanjikan, sebab harga jasa seorang ghost writer sendiri cukup mahal. Jasa dari para ghost writer biasanya banyak dipakai oleh orang-orang yang ingin menulis buku, tetapi terkendala beberapa masalah seperti masalah waktu, masalah kemampuan menulis dan sebagainya.

Jika teman-teman tertarik menjadi seorang ghost writer mungkin teman-teman bisa belajar dari beberapa situs penyedia layanan ghost writer berikut ini :

Nah kawan-kawan itu dia 5 ide bisnis luar biasa yang bisa kita lakukan bermodalkan kemampuan menulis. Jika teman-teman tertarik mendapatkan penghasilan tambahan maka tidak ada salahnya mencoba beberapa ide bisnis di atas. Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan jangan lupa sampaikan komentar terbaik teman-teman untuk mendapatkan backlink dan trafik dari blog super ini.

Setuju atau sangat setuju?

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bisnis menulis
  • usaha menulis
  • bisnis menulis di internet
  • kaya dari menulis
  • cara mendapatkan uang dari karya tulis
  • bisnis tulis menulis
  • cara mendapatkan uang dari menulis
  • bisnis menulis blog
  • bisnis menulis buku
  • menulis ide bisnis
Be Sociable, Share!