5 Hambatan yang Menghambat Kesuksesan Bisnis Internet

kegagalan bisnis internetTidak ada sukses yang bisa diraih dengan mudah,  termasuk dalam bisnis internet. Bisnis internet selalu punya banyak tantangan yang harus bisa diselesaikan oleh para pelakunya. Tak jarang tantangan-tantangan yang ada menjadikan sebagian pelaku bisnis online (terutama para pemula) menjadi frustasi dan berniat mundur dari bisnis online.

Akan tetapi, siapapun Anda sebenarnya bisa sukses dalam bisnis internet. Dengan catatan Anda ikhlas, mau belajar, hanya berharap ke Tuhan dan mau bekerja keras. Tapi tak jarang ada tipikal orang-orang yang cepat menyerah ketika menjumpai hambatan-hambatan dalam bisnis internet.

Seperti apakah hambatan-hambatan dalam bisnis internet itu? Mari kita bahas pada aritkel ini.

Hambatan-hambatan yang saya tuliskan pada artikel ini adalah hasil pengalaman saya sendiri, ditambah dengan beberapa pengalaman dari rekan-rekan pembaca buku karya saya, di mana mereka sudah curhat tentang bisnis internet bersama saya :).

Apa saja hal-hal yang menghambat kita untuk sukses dalam bisnis internet? Ini dia sajian selengkapnya.

1. Terlalu Banyak Menjalankan Bidang Bisnis.

Ini adalah hambatan yang juga dulu saya alami, di mana kebanyakan para pelaku bisnis internet yang tidak sukses adalah mereka yang terlalu bernafsu menjalankan semua bidang bisnis internet yang ada. Mulai dari jualan online, jual jasa, Adsense, Amazon, Ebay, semua dicoba. Dan kebanyakan dari mereka pasti tidak mendapatkan penghasilan yang memuaskan dari semua bidang yang mereka tekuni.

Lha iya toh, kan kemampuan kita ini terbatas. Karena kemampuan kita terbatas, tentu saja kita harus fokus pada yang paling bisa kita lakukan dengan upaya terbaik. Misalnya Anda paling bisa  jualan online, maka fokuslah di bidang jualan online. Kalau Anda paling bisa menulis, maka fokuskan bisnis online di bidang blogging atau menjual produk informasi.

2. Mudah Menyerah.

jangan menyerahKita tidak akan pernah sukses kalau kita cepat menyerah, dan ini juga berlaku dalam bisnis online. Memang bisnis internet itu tidak mudah, itulah sebabnya cukup jarang seorang pelaku bisnis internet bisa mendapatkan hasil dengan cepat. Menurut cerita dari guru-guru bisnis internet saya dulu, Beliau-beliau baru bisa mendapatkan penghasilan setelah menjalankan bisnis internet lebih dari setahun.

Di bulan-bulan atau tahun-tahun awal biasanya penghasilan yang kita dapatkan belum memuaskan, atau bahkan tidak ada sama sekali. Tapi tidak apa, yang terpenting kita terus berusaha untuk menguntungkan orang lain. Mudah-mudahan karena kebaikan kita, kita dapat rezeki :).

Saya sendiri memang sudah beberapa kali gagal, gagal mengembangkan blog, gagal mendapatkan penghasilan dari bisnis tertentu, tapi saya sama sekali tidak pernah berpikir untuk menyerah. Sebab saya yakin, siapa yang mencari dan berupaya dia yang akan mendapatkan :).

3. Terlalu Memusingkan Pendapat “Buruk” Orang Lain.

Nah ini juga jadi penghambat, yakni terlalu memusingkan pendapat buruk orang lain. Contoh pendapat buruk ini misalnya, “ih koq website nya tampilannya kaya gini, mana pakai web gratisan lagi“..  Bagi sebagian orang, pendapat semacam itu sangat mengganggu dan justru dimasukkan ke dalam hati. Padahal seharusnya kita tidak perlu pusing-pusing mengurusi pendapat buruk orang lain.

Yang terpenting kita fokus pada upaya untuk menguntungkan lebih banyak orang, agar rezeki kita semakin baik lagi. Yang paling utama adalah service (layanan) dan produk yang memuaskan :). Kalau pembeli puas, mereka akan kembali berbelanja di tempat Anda :).

4. Koneksi Internet dan Perlengkapan Bisnis.

koneksi internet lambatUntuk berbisnis internet, jelas kita butuh koneksi internet dan perlengkapan yang memadai. Nah yang kerap jadi masalah adalah koneksi internet. Kecepatan akses internet yang lambat merupakan salah satu faktor penghambat bisnis online. Kalau kecepatan akses internet kita lambat, maka bisa-bisa kita jadi malas dan kehilangan minat berbisnis.

Bayangkan kalau Anda harus upload website, harus upload foto-foto produk, tapi koneksi sangat lambat, bisnis bisa benar-benar terganggu. Untuk itu kalau mau serius menekuni bisnis internet setidaknya siapkanlah koneksi internet yang baik dan mumpuni.

5. Kurang Pengetahuan.

Kebanyakan orang membuka bisnis internet dengan cara ikut-ikutan, temannya buka toko online dia ikut buka toko online. Temannya coba bisnis online jual ebook, dia ikut-ikut jual ebook, padahal kalau hanya ikut-ikutan kita akan sangat susah untuk sukses. Dan karena kurangnya pengetahuan seseorang jadi sulit untuk mengatasi suatu masalah yang timbul.

Untuk itu siapapun Anda, sebaik apapun kemampuan Anda, Anda dan saya tetap perlu belajar. Tentunya belajar dari orang yang lebih ahli. Untuk itu kita perlu membaca blog para pebisnis internet lain, perlu baca buku-buku, perlu ikut seminar, dan pastinya perlu membangun relasi dengan rekan-rekan pebisnis internet lain.

Nah rekan pembaca, semoga artikel ini bisa menginspirasi dan memberi manfaat untuk Anda ya :).

Tetap semangat dan semoga sukses selalu,

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • faktor penghambat bisnis online
  • hambatan dalam pemasaran online
  • penghambat sukses dalam bisnis
  • Faktor yg menghambat bisnis online
  • hambatan berbisnis
  • yang menghambat internet
  • hambatan internet marketing
  • hambatan pemasaran online
  • faktor yang menghambat pembisnis pemula
  • HAMBATAN DALAM PRODUK
Be Sociable, Share!