5 Hal yang Membuat Orang-Orang Meninggalkan Website Anda

ditinggal pengunjung websiteDitinggal pengunjung?

Wah bisa bahaya kalau itu keterusan. Tentunya kita tidak boleh membiarkan website kita ditinggal oleh para pengunjungnya. Sudah menjadi tugas kita sebagai pengelola website untuk menjadikan website kita fantastis, menarik dan disukai pengunjung.

Di artikel ini kami akan membahas sejumlah hal yang bisa menyebabkan website Anda ditinggalkan oleh pengunjung. Setelah mempelajari artikel ini diharapkan Anda dapat meminimalisir berbagai hal negatif yang bisa merusak mood pengunjung, sehingga website Anda kian menarik dan disukai oleh pengunjung.

Apa saja 5 hal yang membuat orang-orang dengan senang hati angkat kaki dari website Anda? Apa saja hal yang membuat orang-orang meninggalkan website? Jawabannya adalah sebagai berikut.

1. Website Anda Mengganggu

Orang tidak senang diganggu. Maka pastikan website Anda tidak mengganggu orang-orang. Sejumlah fitur website bisa menjadi hal yang sangat mengganggu, contohnya fitur auotplay musik. Fitur ini sangat menganggu, sebab ketika orang-orang membuka website mereka akan langsung disuguhi permainan musik dan lagu yang terasa begitu mengganggu.

Kalau mereka mau mendengarkan lagu/musik, mereka (para pengunjung) tinggal memainkan koleksi lagu yang ada di gadget/komputer mereka. Pelajari kembali sejumlah artikel CRO untuk menjadikan website Anda efektif dan sesuai dengan harapan pengunjung.

2. Website Anda Ribet

simple itu jeniusEmang sih fitur-fiturnya tidak mengganggu, tetapi suatu website juga bisa dibenci pengunjung jika website tersebut ribet. Ribet dalam artian akan memakan waktu pengunjung.

Misalnya toko online, apa sih yang dimaui oleh pengunjung? Kita bayangkan seorang pengunjung toko online.

  1. Pengunjung toko online datang ke website online store.
  2. Mereka lihat-lihat produk, kalau mereka tertarik mereka beli. Mereka tekan tombol beli.
  3. Produk masuk ke keranjang belanja, setelah belanja cukup mereka akan order.
  4. Mereka mau order dengan mudah dan order mereka segera direspon.
  5. Mereka ingin mudah menghubungi pemilik toko online, agar mudah berkomunikasi seputar produk yang ia pesan.

Sudah itu saja. Tidak lebih.

Tetapi sejumlah toko online kerap menambahkan fitur-fitur njlimet, seperti fitur harus registrasi dulu, harus verifikasi email, harus login, harus bayar pakai kartu kredit dan bla…bla, terkadang fitur-fitur ini kurang familiar di kalangan pembeli awam.

Sudah tentu pembeli yang kurang nyaman akan langsung cabut dari toko online tersebut. Ingat, simple itu jenius. Maka dari itu buatlah website Anda simple dan mudah digunakan.

3. Website Anda Basi!!

Apa rasa makanan basi? Tidak enak pasti.

Apa rasa membaca blog/website yang kontennya basi, dan tidak up-to-date lagi? Gak enak.

Antisipasilah hal ini dengan senantiasa menyajikan konten segar dan terbaru.

Bisakah Anda bayangkan sebuah website portal berita, tetapi diupdate sebulan sekali?

Wah… bisa hancur tuh website.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengupdate website dan menyajikan konten segar silakan gunakan jasa penulis artikel.

4. Loading Website Anda Lambat

Ini juga hal yang amat menyebalkan.

Kenapa orang-orang menggunakan internet? Karena mereka mau cepat. Ambil contoh mengirim surat, kenapa orang-orang memakai email? Karena ingin cepat. Kalau tidak mau cepat ya pakai pos saja. 🙂

Orang-orang butuh informasi secara cepat, itu sebabnya mereka memakai internet. Kalau website Anda tidak mampu menyajikan sesuatu secara cepat (loading-nya lambat) bersiaplah pengunjung akan berpikir dua kali untuk kembali mendatangi website Anda.

5. Website Anda Tidak Bisa Memenuhi Kebutuhan Pengunjung

Pahami betul apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung website Anda. Ketika Anda GAGAL menyajikan apa yang dibutuhkan pengunjung, mereka tidak akan ingat dengan website Anda. Tentu saja di kesempatan lain mereka tidak akan mengunjungi website Anda.

Mendapatkan posisi yang baik di hasil pencarian mesin pencari belumlah cukup. Bayangkan ketika Anda sebagai seorang mahasiswa, sedang mencari suatu informasi tentang tugas kuliah Anda. Lalu Anda gunakan Google, selang 1 detik hasil pencarian ditampilkan.

Tetapi setelah Anda telusuri website yang ada di halaman pertama hasil pencarian, apa yang Anda cari tidak Anda temukan, dan lebih parahnya website tadi ternyata memakai teknik curang untuk bisa memasuki halaman pertama Google.

Apakah Anda terkesan dengan website yang tadi Anda buka? Apakah Anda akan mengingat terus website tadi? Kami rasa tidak.

Syarat mutlak agar website disukai adalah website tersebut mampu memenuhi kebutuhan pengunjung. Ingat itu syarat mutlak.

Kendati sudah menyajikan konten yang dibutuhkan, tidak serta merta orang-orang akan suka dengan website kita. Unsur lain seperti user experience (pengalaman pengguna) juga sangat penting. Buatlah pengunjung merasa feel good, dan buat mereka begitu mencintai apa yang mereka rasakan ketika berlama-lama di website Anda.

Semoga renungan ini bermanfaat. Selamat berkreasi dalam dunia website.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • artikel pengembangan aplikasi web
  • artikel tentang pengembangan website
  • gambar orang ribet
  • meninggalkan hal yang tidak di sukai ke hal yang di sukai
  • orang ribe
  • orang ribet
  • produk graatis yang paling disukai pengunjung website di internet
Be Sociable, Share!