5 Cara Promosi Melalui Media Sosial (Terbukti Ampuh)

IMG_0117.JPG

sumber foto : http://www.flickr.com/photos/tikaro/

5 cara promosi melalui media sosial (terbukti ampuh), sengaja saya memakai judul tersebut agar Anda tertarik untuk membaca ke-5 jurus maknyus super mantap yang sudah kami sajikan di artikel ini.

Di artikel ini, kami akan membahas dan berbagi pengalaman kami dalam hal mempromosikan produk melalui media sosial.

Tentu saja, dalam berpromosi di media sosial ada banyak cara kreatif yang dapat Anda coba.  Namun tak ada salahnya Anda simak 5 cara berikut ini.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai pemasaran melalui media sosial, tentu kita harus tahu dulu konsep dasar berpromosi di media sosial itu seperti apa. Ini dia kami kupas konsep dasar dalam pemasaran melalui media sosial.

Intinya Ada Pada Penyebaran Konten (Ini Konsep Dasar)

menyebarkan konten di media sosial

sumber gambar : www.flickr.com/photos/dryicons/

Promosi di media sosial adalah promosi dengan melalui penyebaran konten. Entah itu konten yang berupa informasi, promosi ataupun ilmu yang bisa mengedukasi target market Anda.

Contoh praktisnya seperti ini. Toko online A menjual perlengkapan bayi, jelas target pasar nya adalah ibu-ibu/keluarga yang sedang mencari perlengkapan bayi.

Bagaimana cara toko A menjangkau para konsumen mereka? Tidak lain tidak bukan adalah dengan melalui konten (informasi). Toko A bisa saja :

  • Menyampaikan pesan promosi produk perlengkapan bayi mereka secara langsung. Ya seperti lazimnya sebuah penawaran iklan, toko A langsung mempromosikan produk mereka melalui iklan di media sosial.
  • Menyamapikan informasi terkait produk mereka. Misalnya mereka berbagi pengetahuan tentang bagaimana memilih perlengkapan bayi yang baik dan higienis.
  • Mengadakan kontes berhadiah produk perlengkapan bayi.
  • dan banyak lagi.

Semua cara yang dilakukan oleh toko A, tidak lain-tidak bukan adalah demi menyebarkan konten yang bisa sampai ke telinga atau ke depan mata target pasar mereka.

Dan dari sanalah barangkali target pasar tadi bisa jadi konsumen toko A.

Nah berawal dari tujuan penyebaran konten, inilah 5 cara ampuh yang barangkali Anda tertarik untuk mencobanya guna meraih sukses dalam bisnis online.

1. Mengadakan Kontes/Kuis

Kontes, merupakan salah satu cara paling ampuh dalam hal mempromosikan sesuatu di media sosial. Kontes ini sangat menarik untuk dicoba, sebab bisa :

  • Mendapatkan impersi yang tinggi dari target market kita. Sebab sebuah kontes pasti menjanjikan hadiah, dan orang-orang suka hadiah.
  • Keterlibatan target konsumen kita akan sangat tinggi, sebab mereka tertarik dengan hadiah yang kita bagikan.

Tentunya dalam mengadakan kontes kita perlu mengadakan kontes yang terkait dengan produk yang kita tawarkan.

Contoh nyatanya, dalam rangka mempromosikan buku-buku karya kami di Facebook, kami mengadakan kuis bagi-bagi buku. Dan hasilnya kuis ini cukup memberi dampak dalam upaya meningkatkan penjualan.

Kuis bagi-bagi buku di Facebook

Kuis bagi-bagi buku di Facebook

Mekanisme dan langkah demi langkah membuat kuis melalui media sosial Facebook, sudah pernah kami kupas tuntas dalam buku Buku Pintar Promosi di Internet.

2. Berbagi Pengetahuan

Selain dengan mengadakan kontes, salah satu cara kreatif lain dalam mempromosikan sesuatu melalui media sosial adalah dengan berbagi pengetahuan/informasi terkait bidang produk kita.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh BCA melalui fans page-nya di BizGuideBCA. Tentu saja, BCA tidak hanya sibuk mempromosikan produknya sendiri. Tapi BCA juga kerap berbagi berbagai hal seputar inspirasi dan tips bisnis.

contoh kegiatan berbagi informasi dari BCA

contoh kegiatan berbagi informasi dari BCA

Lagi-lagi ada penyaberan konten di sana, tidak hanya sekedar konten tetapi konten yang mampu mengundang interaksi dari para target konsumen mereka.

Beragam cara kreatif dalam berbagi pengetahuan pun bisa kita lakukan melalui media sosial, seperti contohnya dengan :

  • Membagikan tips-tips penggunaan produk Anda lewat ebook khusus yang dibagikan di Facebook/Twitter.
  • Berbagi video tutorial tentang cara menggunakan produk Anda.
  • dan banyak lagi.

Untuk media berbagi pengetahuan/informasi di media sosial, sejumlah fasilitas pun siap membantu Anda. Contohnya seperti :

3. Lakukan Kegiatan Beriklan

Selain dua cara yang tadi sudah kita bahas, promosi di media sosial juga bisa dilakukan melalui media iklan.

Apalagi di sejumlah media sosial saat ini sudah tersedia berbagai fasilitas iklan yang siap membantu Anda, para pelaku bisnis. Sejenak tengoklah Facebook, beragam jenis iklan sudah tersedia di Facebook. Mulai dari :

  • Sponsored stories.
  • CPC.
  • Page Post Ads Facebook.
  • Page like Ads.

Selain menggunakan fasilitas beriklan yang sudah tersedia di jejaring sosial, kita juga bisa beriklan dengan melakukan sponsorship pada akun media sosial yang punya banyak pengikut.

Dengan menjadi sponsor pada akun media sosial yang punya banyak pengikut, kita bisa memanfaatkan akun yang punya banyak follower tadi untuk dijadikan media penyebaran informasi promosi dari kita.

Lebih jelas mengenai cara promosi melalui kegiatan sponsorship akan kita bahas pada artikel berikutnya di seri artikel Social Media Marketing.

akun Twitter yang punya banyak followers kerap menerima kegiatan sponsorship

akun Twitter yang punya banyak followers kerap menerima kegiatan sponsorship

4. Jangkau Komunitas

forum komunitas di internetMedia sosial adalah tempat berkumpulnya orang-orang, bahkan tak jarang di media sosial orang-orang yang punya kesamaan minat saling membentuk suatu komunitas atau grup.

Hadirnya grup dan komunitas tersebut tentu saja dapat menjadi sasaran empuk para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka. Contohnya seperti grup komunitas Diskusi Blogger Pemula, di grup ini berkumpul para blogger-blogger.

Tentu saja, hadirnya grup ini kerap dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis internet untuk saling memasarkan produk mereka, entah itu produk layanan hosting, produk jasa desain, jasa penulisan artikel dan berbagai produk yang terkait kebutuhan para blogger.

Di beragam media sosial pasti sudah ada komunitas dengan minat tertentu semacam ini, nah tugas Anda sebagai pelaku bisnis adalah memasuki grup/komunitas tersebut, lalu mulai mempromosikan produk Anda di sana.

Tapi ingat satu kuncinya, promosi melalui komunitas haruslah secara soft selling (bukan promosi terang-terangan).

5. Gunakan Status/Tweet Anda

Ini adalah cara promosi di media sosial yang paling sederhana dan simple, yakni dengan berpromosi melalui status/tweet yang kita buat di media sosial.

Tapi jangan anggap promosi ini tidak berkelas dan hanya promosi secara sembarangan. Promosi melalui status/tweet bisa dikemas secara kreatif.

Contohnya seperti beberapa gambar berikut ini.

promosi lewat tweet di media sosial Twitterpromosi melalui status Facebook

Bagaimana, kepala Anda sudah terisi penuh degan segudang inspirasi untuk berpromosi melalui media sosial? 🙂

Tetap semangat dan semoga sukses selalu!!

Jefferly Helianthusonfri (@JefferlyHelian)

Co-Founder JefferlySuperClub.com

(Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun).

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara promosi di media sosial
  • cara promosi produk lewat facebook
  • cara promosi produk di facebook
  • cara promosi di sosmed
  • cara promosi di medsos
  • cara promosi di sosial media
  • cara membuat iklan di media sosial
  • cara promosi lewat sosmed
  • promosi di media sosial
  • cara mencari sponsor toko komputer
Be Sociable, Share!