5 Cara Menulis Judul Artikel yang Menarik dan Wajib Anda Ketahui

Cara menulis artikel, memang tak pernah habis untuk dibahas, termasuk dalam hal penulisan judul. Nah bicara soal penulisan judul artikel, maka pada artikel kali ini saya tertarik untuk membahas mengenai cara dan tips menulis judul artikel yang menarik, supaya orang-orang tertarik membaca artikel yang kita buat.

Seperti yang kita ketahui, bahwa dengan judul yang menarik maka artikel kita itu akan lebih menarik orang-orang untuk membacanya. Untuk itu teknik dan tips penulisan judul sangat perlu kita pelajari dan terus kembangkan, terutama untuk teman-teman yang berprofesi sebagai blogger. Semakin banyak yang membaca artikel kita  maka akan semakin banyak orang yang menyukai blog kita :).

Oke langsung saja, berikut ini beberapa sharing tips dari saya terkait cara dan tips penulisan judul artikel. O iya, isi artikel ini saya kutip dari salah satu ebook karya saya yang ada pada paket panduan lengkap bisnis ebook.

1. Tips 1 “Gunakan Angka Pada Judul Artikel Anda”.

Ya, penambahan angka pada judul artikel Anda akan membuat artikel tersebut menjadi semakin menarik. Coba, menurut Anda lebih menarik mana, artikel dengan judul :

Cara-Cara Inpsiratif Cari Uang di Internet” atau artikel dengan judul “88 Cara Inpsiratif Cara Cari Uang Lewat Internet”.

Saya kira sebagian besar orang akan menganggap artikel dengan judul kedua lebih menarik :).

Dengan adanya penambahan angka pada judul, maka si pembaca akan semakin penasaran, ihh apa saja ya isi artikel ini? Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mencoba.

2. Tips 2 “Tambahkan Kata-Kata Ajaib”.

Wah seperti apa kata-kata ajaib ini? Kata-kata ajaib adalah kata-kata yang bisa membuat pembaca terpengaruh. Contoh kata ajaib misalnya, rahasia, luar biasa, dahsyat, wajib, sukses, dan banyak lagi. Penambahan kata-kata ajaib semacam ini akan menjadikan si pembaca menjadi makin penasaran dengan isi suatu artikel.

Misalnya Anda bisa buat judul artikel seperti ini, “5 Rahasia Bill Gates Membangun Bisnis yang dahsyat dan Sukses“. Bagaimana, keren dan menarik kan judul artikelnya?

Dan kata-kata ajaib yang Anda pakai juga bisa dikombinasikan dengan penambahan angka seperti yang kita lakukan pada tips 1 tadi.

3. Tips 3 “Ciptakan Kesan Mudah”.

Semua orang itu ingin sesuatu yang mudah, dan tidak merepotkan. Untuk itu sesekali tidak ada salahnya Anda menambahkan kata-kata “mudah” pada judul artikel Anda. Penambahan kata “mudah” ini akan menjadikan orang makin penasaran untuk membaca artikel Anda, sebab mereka tentunya ingin mendapatkan solusi atau penyelesaian yang mudah dan tidak merepotkan.

Contoh judul dengan kesan mudah dan praktis, misalnya “Beberapa Cara Mudah dan Praktis Untuk Branding di Facebook“.

4. Tips 4 “Ajukan Pertanyaan”.

Nah supaya artikel Anda makin menarik, maka Anda bisa membuat judul yang berisi pertanyaan. Mengajukan pertanyaan akan membuat pembaca jadi penasaran, dan bahkan jika Anda memakai pertanyaan yang kontroversial maka artikel Anda akan semakin membuat orang-orang penasaran. Alhasil mereka tanpa pikir panjang akan langsung mengklik judul artikel Anda, dan membaca artikel yang sudah Anda buat.

Contoh judul dengan tips ke-4 ini misalnya, “Gimana cara ampuh menghasilkan banyak uang dari blog?”.

5. Tips 5 “Buat Pembaca Anda Kaget dengan Judul yang Kontroversial”.

Menambahkan bumbu kontroversial terkadang juga bisa kita coba jika ingin artikel kita menjadi sangat menarik agar orang-orang mau membacanya. Akan tetapi kontroversial ini jangan sampai mencemarkan nama baik orang lain, sebab tulisan kita, apalagi tulisan di dunia maya itu menyebar sangat cepat, dan kalau sampai ada “ketidak baikan” yang kita lakukan, maka bisa-bisa nama baik kita jadi terancam.

Oleh karena itu jika ingin memakai trik “kontroversial” kita harus berhati-hati dan tetap memperhatikan etika ya. Nah judul yang kontroversial ini cocok sekali untuk artikel yang isinya sedang hot-hot nya.

Contoh judul kontroversial misalnya, 5 Situs Penipuan Bisnis Online yang Paling Terkenal di 2012“.

Ingat ya, tetap  jaga sopan santun, dan harus tetap sesuai etika yang ada :).

Oke rekan pembaca, itu saja dulu sharing kita kali ini mengenai cara dan tips membuat judul artikel yang menarik. Semoga saja sajian maknyus kali ini bisa menginspirasi dan menjadikan Anda lebih produktif dalam menulis artikel.

Tetap semangat dan salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Follow Twitter @JefferlyHelian.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • judul makalah yang menarik
  • judul artikel yang menarik
  • contoh judul artikel yang menarik
  • contoh judul makalah yang menarik
  • tema makalah yang menarik
  • gambar orang kaget
  • cara membuat judul artikel yang menarik
  • cara penulisan judul
  • judul artikel menarik
  • judul-judul artikel yang menarik
Be Sociable, Share!