5 Cara Ampuh Tingkatkan Jumlah Follower

media sosial

Jika melakukan pemasaran lewat media sosial, Anda perlu punya banyak follower. Mengapa?

Sebab makin banyak jumlah follower, maka akan semakin banyak pula orang yang melihat penawaran/promosi yang kita buat di media sosial. Tak hanya itu, Anda yang menjadi seorang blogger, YouTuber, ataupun pelaku seni kreatif lainnya juga perlu punya banyak follower. Makin banyak follower maka makin banyak orang yang akan mengapresiasi karya-karya Anda.

Bagaimana cara supaya banyak follower? Berikut lima cara ampuh untuk tingkatkan jumlah follower yang Anda miliki.

1. Gunakan Jasa Penambah Followers

Cara paling gampang untuk meningkatkan jumlah follower adalah dengan memakai jasa penambah follower. Di internet ada banyak orang yang menjajakan jasa penambah follower. Anda tinggal membayar si penyedia jasa, lalu akun media sosial Anda akan dipromosikan agar punya banyak follower.

Jika Anda hendak memakai jasa penambah follower, pilihlah penyedia jasa yang tidak memakai robot. Upayakan memilih jasa penambah follower yang punya jaringan akun media sosial. Kenapa? Sebab ketika Anda memakai jasa mereka, maka akun media sosial Anda akan dipromosikan di jaringan yang mereka miliki. Dengan demikian, follower yang Anda dapat kemungkinan besar adalah pengguna yang asli.

2. Rutin Berkomentar di Akun Media Sosial Orang Lain

Cara kedua adalah dengan rutin berkomentar di akun media sosial orang lain. Khususnya, Anda dapat berkomentar di akun media sosial yang sudah jauh lebih populer. Misalkan jika Anda punya channel YouTube, maka Anda dapat berkomentar di channel YouTube yang sudah populer. Misal Anda berkomentar di channel YouTube grup band tertentu, publik figur tertentu, dan lain sebagainya.

Sering berkomentar akan menjadikan akun media sosial Anda aktif dan bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

3. Follow Pengguna Lain

Cara ini kerap dilakukan para pelaku instagram marketing. Kita dapat mem-follow lebih dulu suatu akun. Selanjutnya, ketika orang yang kita follow tertarik, mereka kelak akan menjadi follower kita. Jika Anda tertarik menerapkan cara ini, pastikan Anda mem-follow orang-orang yang memang sesuai dengan target market Anda. Dengan demikian, kegiatan yang Anda lakukan akan lebih efektif dan berhasil.

4. Manfaatkan Jaringan Publikasi yang Anda Miliki

Jika Anda punya blog ataupun akun media sosial lain, Anda dapat memanfaatkan jaringan publikasi tersebut. Jangan ragu untuk mempromosikan akun media sosial Anda di website yang Anda miliki. Misalkan setiap kali Anda memposting artikel di blog, pastikan dalam posting tersebut tercantum link menuju akun media sosial Anda.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah Anda bisa membagikan konten lintas platform. Misalkan Anda baru saja mengunggah video ke YouTube. Nah Anda dapat membagikan video tersebut lewat Twitter, Instagram, ataupun akun media sosial lain yang Anda miliki.

Jika publikasi dilakukan secara gencar, maka dapat dipastikan pengikut Anda di media sosial akan terus bertambah.

Mempromosikan channel YouTube lewat blog.

Mempromosikan channel YouTube lewat blog.

5. Gunakan Iklan dan Publikasi

Anda juga bisa memanfaatkan iklan sebagai salah satu sarana publikasi akun media sosial Anda. Jika memang budget marketing Anda mencukupi, Anda bisa alihkan budget tersebut untuk biaya iklan. Anda dapat memilih platform periklanan yang paling sesuai dengan karakteristik target pasar Anda. Contoh, jika Anda ingin meningkatkan jumlah likes di Facebook, maka Anda dapat beriklan di Facebook.

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah subscriber di YouTube, Anda bisa coba pasang iklan di YouTube.

Selain itu, pastikan akun media sosial Anda juga mendapatkan publikasi. Misalkan Anda bisa menyelenggarakan suatu event. Lalu dalam event tersebut Anda bekerja sama dengan media lain (misal media online). Istilahnya Anda melakukan media partnership. Nantinya event Anda akan diliput oleh media yang Anda ajak partnership. Nah publikasi semacam ini dapat membantu untuk meningkatkan popularitas akun media sosial Anda.

Bagi Anda yang hendak mengembangkan akun media sosial individu (bukan brand suatu perusahaan), maka event yang bisa diadakan misalnya seminar, talkshow, dan lain sebagainya. Ketika Anda jadi pembicara seminar, Anda dapat turut mempromosikan akun media sosial Anda. Makin banyak publikasi yang Anda dapat, maka akun media sosial Anda bisa semakin populer.

Sekalipun lima cara di atas sudah Anda terapkan, Anda tidak boleh melupakan esensi penting dalam social media marketing. Esensi tersebut adalah manfaat bagi followers. Tanpa melakukan promosi secara gencar pun, ketika akun media sosial Anda memberi manfaat, orang-orang akan tetap mengikuti Anda. Manfaat ini bisa dihadirkan lewat konten-konten yang Anda bagikan di media sosial.

Kalau Anda seorang blogger, maka fokuslah dalam menghadirkan tulisan-tulisan yang bermanfaat. Kalau Anda YouTuber maka fokuslah membuat video-video yang menghibur, bermanfaat, atau menginspirasi.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara promosi jasa followers ampuh
Be Sociable, Share!