5 Cara Ampuh Berburu Ide Menulis Blog yang Wajib Anda Coba

Ide menulis adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh para blogger, sebab dengan kelancaran ide menulis, maka kita akan senanitasa bisa menghasilkan berbagai tulisan-tulisan secara produktif dan berkelanjutan di blog.  Bukankah kita sudah mengetahui bersama bahwa banyaknya jumlah posting di blog bisa mempengaruhi ranking suatu web di pencarian mesin pencari.

Nah karena pentingnya ide menulis ini maka kita perlu menjadikan diri kita kaya akan ide-ide segar untuk dijadikan bahan dasar membuat postingan yang bagus, berkelas dan bermanfaat bagi para pembaca blog kita. Oke, jadi gimana nih cara supaya kita itu tetap fresh dan selalu punya ide segar untuk ditulis?

Mari kita bahas ya. Kali ini saya akan coba berbagi 5 cara ampuh yang sudah terbukti manjur di mana saya tidak pernah kekeringan ide menulis setelah menerapkan ke-5 cara-cara ampuh ini. Apa saja yang menjadi 5 jurus ampuh tersebut? Silakan simak yang berikut ini.

1. Membaca Buku.

Di kamar kerja saya, ada banyak buku yang tersedia. Entah itu buku komputer, buku motivasi, buku novel, buku pengembangan diri, buku entrepreneurship, dan banyak lagi. Belum lagi ditambah berbagai buku yang sering saya pinjam dari perpustakaan SMA Xaverius Lubuklinggau :), wahh banyak banget deh.

Ketika kekeringan dan paceklik ide mulai melanda maka saya tinggal ambil satu buku yang topiknya menarik, lalu saya coba baca sejenak. Atau terkadang sebelum tidur saya biasanya membaca sebuah buku, nah tak jarang dari kegiatan-kegiatan semacam inilah ide mengalir dengan derasnya, ibaratkan oase di tengah padang pasir yang gersang dan panas.

Singkat kata, kalau Anda mau kaya ide-ide segar maka banyak-banyaklah membaca. Tidak harus yang berat-berat koq, baca saja koran, majalah, atau buku-buku yang topiknya Anda sukai. Lakukan secara konsisten maka pasti Anda akan jadi makin kaya akan ide-ide menarik.

2. Mengunjungi Blog yang Satu Topik atau Bahkan Blog Kompetitor Anda

Nah ini trik yang sudah pasti terbukti manjur.  Ketika krisis ide melanda saya, maka saya pakai trik ini, jadi saya kunjungi blog yang topiknya sama seperti topik blog saya. Hasil dari kegiatan blogwalking itu biasanya saya akan mendapatkan banyak ide untuk dituangkan ke dalam posting blog.

Untuk itu, ketika krisis ide melanda Anda, maka Anda bisa cari inspirasi dengan cara semacam ini. Jika Anda ingin mencari blog yang topiknya sama dengan topik blog Anda, caranya mudah koq. Anda bisa manfaatkan mesin pencari Google, ketik-kan kata kunci dengan topik yang mirip atau sama seperti blog yang Anda miliki.

Misalnya blog Anda adalah tentang artikel motivasi, dan Anda mau cari blog dengan topik motivasi juga maka Anda tinggal lakukan pencarian dengan kata kunci “artikel motivasi” atau bisa juga “renungan motivasi”.

Melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “renungan motivasi”

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba?

3. Menganalisis Kata Kunci yang Masuk ke Blog.

Setiap blog biasanya dilengkapi dengan fasilitas analisis pengunjung blog tersebut. Bagi teman-teman yang memakai aplikasi Blogger maka fitur analisis kata kunci ini sudah tersedia secara otomatis pada menu statistik. Akan tetapi bagi Anda para pengguna WordPress, maka Anda bisa coba pakai plugin WordPress Stats.

Nah sesekali ketika kriris ide melanda maka Anda bisa coba analisis dan lihat kata kunci apa saja yang mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Dari sana biasanya akan timbul ide-ide menarik untuk dijadikan sebuah artikel. Berikut adalah contoh beberapa kata kunci yang masuk ke blog saya dan menjadi inspirasi untuk menulis artikel.

4. Main ke Kaskus dan Forum-Forum Sejenis.

Di internet ada banyak sekali forum-forum yang siap menjadi sumber inspirasi kita. Contohnya seperti Kaskus. Di forum Kaskus sudah tersedia banyak sekali kategori, mulai dari kategori humor, teknologi, desain, internet, games dan lain sebagainya. Nah ketika krisis ide melanda maka Anda juga bisa kunjungi forum Kaskus, lalu baca posting-posting menarik yang sudah ada di sana.

Masuk ke kategori yang topiknya sama seperti blog Anda, lalu baca thread yang sudah banyak tersedia di kategori tersebut, maka nanti Anda akan menemukan ide posting yang mantap :).

5. Mengingat dan Menuliskan Pengalaman Anda.

Pengalaman memang merupakan guru yang terbaik, dan berita baiknya setiap orang pasti punya pengalaman. Entah itu pengalaman sukses, ataupun pengalaman gagal, nah ketika krisis ide menulis blog melanda Anda, Anda bisa coba mengingat-ingat kembali sesuatu yang sudah pernah Anda alami, lalu ceritakan dan berikan sesuatu yang positif dari pengalaman tersebut.

Ambil contoh saya pernah menulis buku yang penjualannya sangat bagus, dan sampai dicetak ulang 2 kali, nah pengalaman tersebut bisa saya ceritakan dan bagikan lewat tulisan di blog. Mungkin saja dalam tulisan berbagi pengalaman tersebut saya tampilkan kiat suksesnya, saya tampilkan bagaimana cara memuaskan pembaca dan banyak lagi.

Selain memakai pengalaman Anda, Anda juga bisa bercerita dan menuliskan mengenai pengalaman teman Anda, kerabat Anda ataupun guru-guru Anda.

Jadi, Anda tertarik menuliskan pengalaman Anda?  Mari dicoba :).

Baiklah rekan-rekan yang pembaca yang baik hatinya, sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menemukan ide menulis. Sebab ditengah kemajuan teknologi saat ini, ide bisa datang dari mana saja. Entah itu lewat buku, internet, ataupun dari pengalaman yang kita alami. Baik, sekian dulu artikel ini, semoga bermanfaat dan bagi teman-teman yang punya trik atau kiat lain untuk mencari ide menullis blog jangan ragu untuk berbagi lewat kotak komentar yang sudah tersedia ya :).

Salam super dan tetap semangat.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • ide menulis
  • berburu ide blog
  • cara mencari ide menulis
  • 4 cara menemukan ide menulis artikel
  • ide menulis blog
  • ide menulis novel
  • jurus ampuh menulis novel dengan cepat
  • kata tulisan berburu
  • mencari ide novel
  • mengingat topik kata yang sama
Be Sociable, Share!