4 Tren Bisnis Online di 2013

Minggu pertama di bulan Januari 2013 ini sudah kita lalui, sejumlah optimisme, semangat kita kian berkobar untuk jadi lebih sukses. Bicara soal awal tahun, maka kurang afdol kalau kita tidak membahas tren bisnis, nah untuk itulah di artikel kali ini kita akan bicarakan mengenai 4 tren bisnis online yang diprediksi akan laris manis di 2013 ini.

Seperti apakah tren bisnis online di 2013 ini? Bidang bisnis online apakah yang akan kian tumbuh subur? Mari kita bahas pada artikel berikut ini.

1. Bisnis Toko Online.

smart online storeTren belanja online yang semakin menjadi-jadi, membuat bisnis toko online akan tumbuh lebih pesat lagi 2013 ini. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis online yang juga membuka toko online. Dengan beragam kepraktisan dan kemudahan belanja yang ditawarkan oleh toko online, membuat masyarakat lebih menyukai belanja di toko online.

Hadirnya beragam gadget dan teknologi baru saat ini menjadikan kegiatan e-commerce dan toko online menjadi primadona. Tak terhitung lagi berapa banyak toko online yang muncul di 2012 lalu, dan 2013 pasti pertumbuhan jumlah toko online akan semakin tinggi.

Bukan tak mungkin dalam waktu beberapa tahun lagi, toko online akan sanggup mengalahkan berbagai toko ritel yang ada di dunia nyata. Jadi, jika Anda adalah seorang pengusaha maka bisnis toko online tidak ada salahnya untuk Anda geluti :).

Belum punya toko online? Mari segera buat :). O iya jika Anda butuh tips dan kiat seputar jualan online, maka silakan kunjungi Linggau-Blogservice.

2. Bisnis Social Media Marketing.

social media marketingPertumbuhan jumlah pengguna jejaring sosial di Indonesia saat ini begitu luar biasa, bahkan Jakarta disebut-sebut sebagai ibukota Twitter dunia.  Nah hal ini menjadikan peluang bisnis social media marketing menjadi tumbuh subur. Seperti apakah bisnis social media marketing itu?

Bisnis social media marketing yang saya maksud adalah segala kegiatan bisnis yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran lewat jejaring sosial (social media). Trend ini menawarkan berbagai peluang bisnis online baru, seperti :

  • Jasa pengelolaan fans page (halaman) Facebook. Banyak para pelaku bisnis yang memanfaatkan fans page di Facebook untuk kegiatan pemasaran mereka. Nah tak jarang para pelaku bisnis tadi siap menyewa atau membayar orang khusus yang mau mengelola fans page mereka, bahkan salah satu teman saya ada yang berprofesi sebagai penyedia jasa pengelolaan fans page ini. Dan profit yang beliau dapatkan juga cukup lumayan :). Selain itu ada 3 profesi Facebook marketing lain yang juga perlu Anda lirik lho.
  • Jasa Twitter marketing, penggunaan Twitter dalam bisnis juga sudah tak dapat dielakkan lagi. Tak pelak kondisi ini menjadikan para penyedia jasa Twitter marketing menjadi sangat dibutuhkan. Jika Anda sudah cukup berpengalaman berpromosi melalui social media, maka barangkali saja Anda berniat membuka bisnis di bidang pelayanan social media marketing :)?
  • Jasa pembuatan video untuk promosi di YoutubeSeiring dengan semakin gencarnya pemanfaatan Youtube untuk berpromosi, menjadikan banyak para desainer video  dibutuhkan oleh para pebisnis. Jika Anda punya kemampuan di bidang membuat tampilan video, maka Anda bisa coba bisnis ini.

Di tahun 2013 ini dijamin social media akan memegang pernanan yang sangat besar untuk bisnis Anda.

3. Bisnis Ebook dan Video Tutorial.

ilustrasi ebookNah jika Anda berbisnis informasi lewat ebook dan atau video tutorial maka bisnis yang Anda tekuni ini akan semakin berkembang :). Saya berani memprediksi ini karena memang semakin hari, orang-orang semakin haus akan informasi. Jika Anda mampu menyajikan informasi tersebut dalam bentuk yang menarik dan punya nilai jual, maka orang pasti akan tertarik dan membeli.

Apapun keahlian, hobi atau kemampuan Anda itu bisa dijual dalam bentuk ebook dan atau video tutorial. Contohnya seperti di Panduan Membuat Blog, saya mengajari orang-orang belajar membuat blog, dan mereka dengan senang hati membayar atas ilmu dan informasi yang saya sampaikan.

Jadi jika Anda pintar membuat kue, Anda pintar dalam hal pemasaran, Anda jago bisnis properti, Anda pandai main piano, atau apa saja dan Anda tertarik untuk menjual keahlian dan ilmu Anda itu maka media ebook dan video tutorial pasti sangat cocok.

Dan perlu diketahui, ada banyak topik ebook/video tutorial yang diperkirakan akan laris manis di tahun 2013 ini. Topik tersebut seperti seputar :

  • Percintaan dan membangun relasi.
  • Seputar pemasaran dan bisnis.
  • Seputar kantor dan managemen.
  • Topik seputar makanan dan kesehatan.
  • dan banyak lagi.

4. Bisnis MLM dan Berkaitan dengan Pemasaran Jaringan

Bisnis MLM memang selalu saja sanggup menebar pesona nya di mana saja. Termasuk di internet. Di tahun 2012 saja saya sering mendapatkan permintaan bantuan dari beberapa klien untuk membantu mereka memasarkan jaringan MLM mereka. Nah apalagi di 2013, tren MLM online masih akan terus mencuat.

Apalagi saat ini sering bermunculan berbagai macam produk, baik itu produk kesehatan dan herbal, produk perawatan tubuh, dan berbagai produk lain yang mendukung sistem pemasaran MLM. Tentu saja, peluang bisnis ini kerap dilirik oleh rekan-rekan yang baru mau mencoba bisnis online.

Nah rekan pembaca, itulah 4 tren bisnis online yang diperkirakan akan tumbuh pesat sekali di 2013 ini. Saran saya, apapun bidang bisnis online yang Anda tekuni, lakukanlah itu sebaik mungkin dan penuh fokus. Jangan mudah goyah apalagi menyerah, sukses bisnis internet hanya bisa dicapai dengan kerja keras dan proses belajar :).

Oke sahabat, tetap semangat ya.

Salam super,

Jefferly Helianthusonfri

Penulis, blogger dan pembicara internet marketing yang masih berusia 16 tahun.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • trend bisnis 2013
  • bisnis online 2013
  • Trend bisnis online 2013
  • bisnis trend 2013
  • tren bisnis 2013
  • trend produk 2013
  • bisnis online terbaru 2013
  • tren bisnis online 2013
  • bisnis internet 2013
  • bisnis online trend 2013
Be Sociable, Share!