4 Tips Praktis Menjadikan Blog Anda Makin Dicintai Pengunjung

Memiliki blog yang disukai oleh banyak orang adalah impian hampir semua blogger, sebab jika blog kita disukai banyak orang maka tentu saja blog kita akan semakin dikenal dan ada banyak rezeki yang bisa kita dapatkan dari sana :). Nah bicara soal menjadikan blog disukai banyak orang, maka pada artikel kali ini saya ingin berbagi 4 tips praktis menjadikan blog kita makin disukai.

Sebenarnya untuk menjadikan blog kita disukai, caranya tidak sulit koq. Asalkan kita menikmati kegiatan blogging yang kita lakukan, maka akan selalu ada inspirasi untuk menjadikan blog kita lebih dan makin disukai orang-orang. Nah berikut adalah 4 tips praktis yang sudah saya janjikan.

1. Buat Tulisan-Tulisan Anda Menginspirasi Pembaca.

Rahasia seorang penulis bisa tetap eksis dan disukai banyak pembaca adalah kemampuan penulis tersebut untuk menginspirasi pembacanya. Inspirasi sangat dibutuhkan oleh pembaca, sebab ketika pembaca terinspirasi maka mereka akan menjadi bersemangat dan menganggap tulisan Anda bermanfaat. Dan dari sanalah timbul rasa cinta dari mereka terhadap tulisan-tulisan Anda, dan dampaknya tulisan-tulisan Anda akan selalu dinanti.

Oleh karena itu, supaya blog Anda makin dicintai oleh para pembacanya, maka buat tulisan-tulisan yang menginspirasi. Kita tidak cukup hanya menulis biasa, pembaca ingin nilai tambah. Maka dari itu ketika menulis, kita harus menulis dengan bersemangat, memberi manfaat dan pastinya artikel yang kita buat tidak bisa jika hanya artikel hasil copy paste.

Agar bisa menulis tulisan yang menginspirasi kita perlu terus latihan dan mengembangkan kemampuan menulis kita. Jika Anda butuh inspirasi untuk menulis, maka mungkin saja artikel 5 cara ampuh berburu ide menulis bisa bermanfaat untuk Anda.

2. Berikan Hadiah bagi Pembaca Blog Anda.

Setiap orang suka mendapatkan hadiah, termasuk pembaca blog Anda :). Mengelola blog itu terkadang sama seperti ketika kita mencintai seseorang 🙂 #asekk, yakni kalau ada pemberian spesial maka kegiatan blogging kita akan menjadi makin berwarna.

Hadiah yang bisa diberikan kepada para pembaca blog Anda tidaklah harus hadiah yang mahal (dari segi materi), akan tetapi Anda bisa berikan hadiah yang bermanfaat dan menginspirasi. Misalnya berupa ebook. Misalkan blog Anda adalah blog yang isinya seputar motivasi, maka Anda bisa berikan hadiah berupa ebook motivasi.

Pemberian hadiah semacam ini, sudah sering saya pakai pada berbagai blog yang saya miliki. Salah satunya seperti hadiah ebook panduan SEO pemula ini.

3. Percantik Tampilan Blog Anda.

Sesuatu yang cantik biasanya menarik, termasuk dalam hal blogging. Agar pembaca semakin menyukai blog Anda, maka percantiklah tampilan blog Anda. Cantik di sini adalah dalam artian blog kita itu tampilannya nyaman dipandang, rapi dan pokoknya orang betah berlama-lama menikmatinya. Berikut tips dalam mempercantik tampilan blog Anda.

  • Tampilan iklan harus rapi dan jangan mengganggu.
  • Disarankan memakai warna background putih dan tulisan hitam. Sebab perpaduan warna semacam ini akan menjadikan blog Anda nyaman dibaca.

Tampilan situs Google yang sederhana membuat penggunanya nyaman.

  • Tampilan huruf harus jelas.
  • Minimalkan kesalahan penulisan.
  • Tambahkan gambar menarik pada setiap artikel yang Anda buat.

4. Peduli Pada Pembaca Blog Anda.

Setiap orang butuh perhatian, untuk itu kita juga perlu memberi perhatian kepada para pembaca blog kita. Perhatian menenadakan bahwa kita care terhadap mereka, dan pasti mereka akan makin cinta dengan blog kita.

Perhatian ini bisa ditunjukkan dengan beragam cara, misalnya :

  • Membuat artikel permintaan dari pembaca blog Anda. Tanyakan pada mereka, artikel seperti apa yang mereka butuhkan, lalu jika memungkinkan maka buatlah artikel tersebut.
  • Menjawab komentar dan email yang berasal dari pembaca blog Anda. Jika Anda sempat, dan punya cukup waktu, maka Anda perlu menjawab komentar dan email yang datang dari pembaca blog Anda. Blogging is caring.
  • Memberikan referensi tambahan kepada pembaca blog Anda. Ketika orang-orang berselancar di blog Anda, mereka sedang mencari informasi. Untuk itu sebagai bentuk kepedulian, maka tidak ada salahnya Anda memberikan referensi tambahan pada setiap artikel yang Anda buat. Referensi yang diberikan bisa berupa tautan menuju situs dengan info pendukung artikel Anda.

Baiklah rekan pembaca, itu dia 4 tips praktis menjadikan blog Anda lebih dicintai. Intinya, semua kembali kepada diri kita masing-masing. Semakin kita menikmati kegiatan blogging yang kita lakukan, maka akan semakin banyak inspirasi yang bisa kita berikan kepada orang lain. Nah dari sanalah orang-orang akan makin cinta dengan blog kita.

Sekian artikel ini, semoga apa yang baru saja disajikan bisa memberi banyak manfaat bagi kesuksesan Anda. Aamin :).

Tetap semangat dan salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • tampilan situs google
  • cara membuat tampilan google sederhana
  • ingin makin dicintai
  • berani hijrah terbaru
  • tips agar ide disukai orang
  • tanya jawab tentang menginspirasi cara berbisnis
  • tampilan web disukai orang
  • tampilan google
  • menjadikan blog kita super keren
  • menjadikan blog keren
Be Sociable, Share!