4 Tips Jitu Menulis Konten Blog Yang Informatif dan Menarik

Ini adalah postingan tamu dari Ahmad Wibawa, seorang blogger yang sekaligus penyedia jasa penulisan artikel.

Hai sahabat blogger, penulisan artikel untuk blog merupakan elemen penting yang patut kita pelajari. Bagaimana tidak? Setiap pembaca yang datang akan lebih dahulu melihat artikel kita, dan bukan tidak mungkin mereka kabur, kenapa? Karena artikel kita begitu buruk. Nah, tidak mau hal itu terjadi pada blog Anda bukan?

tips menulis di blogKata-kata yang menyatakan bahwa “content is king” memang bukan isapan jempol belaka, dan selalu terbukti benar. Sebuah artikel yang baik dalam blog bukan hanya unik atau lolos copyscape, namun yang baik adalah isi yang mampu membuat pengguna senang membacanya, bahkan terus menerus kembali ke blog milik Anda.

Backlink memang queen, akan tetapi ketika Anda berfokus pada pembenahan backlink dan tidak terlalu memikirkan apakah artikel yang dibuat baik atau tidak, maka pembaca akan dengan mudah pergi dari situs Anda. Serta, elemen penting yang dinamakan returning visitors menjadi hal yang sulit untuk terjadi. Di bawah ini, ada 4 tips jitu membuat artikel blog yang bukan hanya informatif namun juga menarik minat pembaca untuk terus datang ke blog Anda.

1. Buat Ide yang Merupakan Practical Help

Misalnya, jika ingin menulis artikel tentang Banjir Jakarta, mungkin Anda tidak perlu bertele-tele menjelaskan kejadian banjir di Jakarta. Seperti memberikan deskripsi kota mana yang terkena banjir secara detail atau penderitaan warga Jakarta akibat banjir.

memberi solusiSebaliknya, cobalah membuat suatu gebrakan artikel yang sifatnya solutif dan bukan mendramatisir. Anda bisa membaca metode-metode pemecahan banjir, menggabungkannya, dan membuat artikel tentang solusi banjir di Jakarta. Meskipun ide yang dituangkan tidak terlalu bagus, namun setidaknya Anda telah memberikan solusi dan memungkinkan adanya pengunjung dalam jumlah besar ke dalam blog.

Orang lebih suka solusi, karena ketika mereka mengetikkan kata kunci di mesin pencari, sesungguhnya mereka mencari solusi. Anda juga begitu bukan?

2. Gunakan Judul Yang Luar Biasa Mengundang

Dalam hal ini, sang pemilik blog yaitu Jefferly Heliatusonfri telah merilis artikel yang berjudul 5 cara menulis artikel yang menarik, dan beberapa poin pentingnya adalah sebagai berikut. O iya, saya juga akan memberikan satu bonus tentang penulisan judul di poin kedua ini.

  • Gunakan angka pada judul artikel Anda. Contoh : 15 Tips manajemen waktu, 16 cara promosi melalui twitter, dan 3 ide bisnis dari rumah.
  • Tambahkan kata – kata ajaib. Contoh : 21 Tips ampuh menaklukan mesin pencari Google, 9 teknik dahsyat promosi produk lewat Facebook, dan 1 Rahasia cerdas seorang pengusaha online.
  • Ciptakan kesan mudah. Contoh : 6 cara sederhana yang sukses turunkan berat badan, 7 panduan mudah dalam membeli laptop, 5 teknik cepat untuk memperoleh visitor dalam blog, 5 ide menciptakan uang hanya dari rumah.
  • Ajukan pertanyaan. Contoh : Bagaimana cara menjual produk di Kaskus?, Apakah Anda sudah mengetahui 6 teknik bisnis dahsyat ini?, dan Mengapa blog penting dalam pembangunan bisnis Anda?
  • Judul yang kontroversial. Contoh : 6 Teknik bisnis yang tampak bodoh namun hasilnya ampuh, 7 obat yang dilarang beredar namun masih ada di sekitar kita, dan 5 kebohongan publik yang sering dilakukan oleh anggota DPR.

Bonus :

Buatlah sebuah keharusan

Contoh : 9 hal yang harus Anda ketahui dalam manajemen waktu, 7 alasan kenapa kita harus menerapkan strategi viral marketing, 6 cara yang sebaiknya tidak Anda lakukan dalam diet, dan Jadikan 9 hal ini sebagai teknik permanen dalam SEO.

3. Ciptakan Interaksi dengan Pembaca

berinteraksi di blogNah sekarang kita lanjut ke poin ketiga. Cara ini bisa dilakukan agar pembaca tidak bosan dalam memperhatikan ulasan ide di setiap helai kata yang Anda tulis. Sapaan seperti kata-kata hai, hello, atau pertanyaan yang berawal dengan bagaimana, mengapa, atau apakah, dapat membuat pembaca merasa dihargai. Sebaliknya, apabila Anda terus saja fokus kepada pengembangan ide, maka untaian kalimat yang disuguhkan akan tampak terlalu ilmiah dan membuat pembaca bosan.

Kemudian, dimana tempat yang cocok untuk meletakkan kata-kata interaksi tersebut? Perlu Anda ketahui, bahwa terlalu banyak kata-kata interaksi seperti sapaan juga tidak baik. Anda malah akan dianggap sebagai blogger yang Sok Kenal Sok Dekat dengan pembaca.

Biasanya, saya meletakkan beberapa interaksi ketika di awal, di akhir artikel, dan tempat ketika saya sudah merasa kalimat yang digunakan mulai membosankan. Jadi, pada teknik yang ketiga, gunakan feeling Anda sendiri untuk menentukannya.

4. Gabungkan 3 Ide Di atas dengan Konten Informatif

Sebagai seorang blogger, kita tidak boleh melupakan kekayaan infomasi dan ingat bahwa konten harus tetap informatif. Untuk menciptakan konten yang baik kita harus memiliki informasi yang lengkap dan padat. Namun, dibahas dengan gaya bahasa yang runtut, memiliki interaksi dengan pembaca, dan memiliki kemampuan mengundang pembaca, untuk terus selalu larut dalam kata demi kata.

Anda bukanlah seorang mahasiswa S3 yang akan menulis disertasi dengan kalimat-kalimat ilmiah, namun Anda adalah blogger yang artikelnya akan dibaca olah masyarakat dari berbagai lapisan. Jadi, kalimat informatif saja tidaklah cukup. Ciptakan tiga hal di atas yaitu practical help, judul yang mengundang, dan interaksi. Kemudian, gabungkan dengan isi konten yang padat informasi.

Nah, dengan 4 tips di atas semoga Anda sukses membuat artikel yang baik di sebuah blog.

Mau kenal lebih jauh dengan Ahmad Wibawa?

Silakan add Facebook nya di sini, atau baca artikel spesial Ahmad Wibawa di sini.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • contoh kalimat informatif
  • contoh konten
  • Konten blog yang menarik
  • konten blog yang bagus
  • konten menarik untuk blog
  • contoh konten menarik
  • contoh artikel informatif
  • konten blog contoh
  • kalimat informatif banjir
  • konten blog yang baik
Be Sociable, Share!