4 Tipe Website Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai pelaku bisnis online, atau mungkin Anda orang-orang yang tertarik menekuni bisnis online maka artikel ini pasti akan sangat bermanfaat untuk Anda. Bicara soal bisnis online memang tidak pernah ada habisnya, nah kali ini kita akan kembali membicarakan seputar bisnis online.

Sadar atau tidak, tapi saya yakin Anda pasti pernah membandingkan berbagai website yang ada di internet. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ada 4 tipe website yang sering dipakai bisnis online. Seperti apakah ke-4 website tersebut? Bagaimana ciri-cirinya? Apa saja kelebihan masing-masing website? Mari kita bahas di artikel ini :).

Inilah empat tipe website yang biasa dipakai dalam bisnis online. O iya, artikel ini saya buat setelah terinspirasi dari salah satu isi buku yang berjudul The Owners Manual for Small Business karya dari Rhonda Abrams.

1. Website Tipe Transaksional.

Adalah sebuah website yang dibuat dan digunakan untuk kepentingan transaksional, dalam artian website tipe ini biasanya ditujukan untuk menjual produk secara langsung dengan tujuan mendapatkan (menciptakan) transaksi antara pemilik website dengan pengunjung web tersebut.

Contoh website tipe transaksional ini misalnya toko online atau web yang memang dikhususkan untuk menjual produk tertentu. Untuk studi kasusnya bisa Anda lihat di salah satu website penjualan produk saya, yakni di Sekolah Bisnis Ebook.

Sudah tahukan seperti apa website transaksional itu.

2. Website Tipe Promosional.

Yakni sebuah website yang dibuat untuk kepentingan promosi suatu produk. Website jenis promosional ini biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang produknya jarang ditemukan di berbagai tempat. Contohnya misalnya perusahaan konsultan, atau perusahaan yang menjual produk tertentu.

Jadi di website tipe ini akan ditampilkan berbagai promosi seputar produk/jasa yang disediakan oleh si pemilik web. Nah website ini terus dikembangkan, dengan tujuan ketika orang membutuhkan jasa/produk tertentu tadi, orang-orang bisa dengan mudah menemukan perusahaan si pemilik web tipe promosional ini.

Nah mengenai studi kasusnya, contoh web tipe promosional ini adalah seperti website JefferlySuperClub.com ini. Di mana web ini dipakai secara khusus untuk promosi produk-produk dari JefferlySuperClub.

3. Website Tipe Informasional.

Adalah sebuah tipe website, di mana website tersebut dipakai untuk memberikan informasi mengenai suatu perusahaan, jadi di web ini nantinya akan ditampilkan berbagai informasi seputar perusahaan si pemilik website. Mulai dari sejarah perusahaannya, layanan yang disediakan, bagaimana cara mengakses layanan perusahaan tersebut, dan banyak lagi.

Intinya website tipe ini lebih ditujukan untuk menginformasikan perusahaan/pemilik web tersebut. Tipe website seperti ini biasanya banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan jasa, seperti penyedia jasa desain, penyedia jasa pelatihan, dan berbagai jasa lainnya.

Jadi di website ini, para perusahaan tersebut akan menampilkan seperti apa layanan yang sudah mereka siapkan. Misalnya perusahaan desain, maka di web nya nanti akan ditampilkan hasil karya desain yang sudah pernah dikerjakan.

4. Website Tipe Relasional.

Nah kalau untuk web tipe ini pasti sudah sering Anda lihat. Ya website tipe relasional ini adalah website yang dibuat dengan tujuan untuk mempererat hubungan (relasi) antara pemilik website dengan para pelanggan/prospek mereka.

Ya, contoh website tipe relasional ini biasanya berupa blog. Di mana suatu perusahaan/bisnis bisa berinteraksi langsung dengan para pelanggan/prospek mereka. Jadi di blog itu, si pemiliknya bisa memberi berita terbaru seputar layanan mereka, membangun relasi dan komunikasi dengan para prospek, dan tidak menutup kemungkinan web tipe ini juga dimaksudkan untuk menjaring lebih banyak pembeli produk si pemilik web.

Intinya web ini dibuat untuk tujuan membangun relasi.

Mengenai studi kasusnya, Anda bisa lihat berbagai blog milik perusahaan-perusahaan yang ada di internet. Contoh simple-nya adalah seperti web JefferlySuperClub.com ini di mana saya juga memanfaatkan web ini membangun relasi dengan para pembaca buku, pelanggan produk saya ataupun dengan prospek lainnya.

Baiklah rekan pembaca, sekarang Anda sudah makin paham, bukan? Bahwa ada 4 tipe website yang sering dipakai dalam bisnis online. Semoga saja artikel ini bisa memberi manfaat dan mampu menjadikan bisnis Anda lebih dahsyat lagi.

Tetap semangat dan semoga Anda sukses selalu :).

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • contoh spesifikasi produk buku
  • 4 tipe perusahaan internet
  • situs yang di pakai untuk mmenjual produk dan jasa
  • situs yang menginformasikan perusahaan yang dipailitkan
  • situs yang menjual berbagai produk dan jasa
  • tipe atau jenis marketing online
  • tipe dari internet marketing
  • tipe website toko online
  • tipe-tipe internet marketing online
  • tipe-tipe produk social marketing
Be Sociable, Share!