4 Manfaat Super Blogwalking Yang Wajib Diketahui Blogger

Klik di sini Untuk Dapatkan Panduan Lengkap Hasilkan 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook dalam 30 hari kedepan.

Dalam artikel 5 Cara Ampuh Mendatangkan Pengunjung Web Untuk Pemula, kita sempat membahas istilah blogwalking. Saya yakin teman-teman yang berprofesi sebagai blogger atau internet marketer pasti sudah kenal dengan yang namanya blogwalking ini. Nah blogwalking memang sudah tidak bisa lepas dari keseharian kita sebagai blogger, selain memiliki banyak khasiat ampuh, kegiatan blogwalking ini juga penting untuk membantu kita menjadi blogger yang lebih sukses lagi.

Blogwalking adalah suatu kegiatan mengunjungi dan membaca blog lain, untuk selanjutnya berkomentar di sana. Melakukan aktivitas blogwalking adalah salah satu kegiatan yang amat sering dilakukan oleh para blogger.

Kenapa sih blogwalking itu perlu dilakukan? Alasannya adalah karena blogwalking punya manfaat-manfaat super yang amat baik bagi kesuksesan kita sebagai seorang blogger. Lewat artikel maknyus kali ini, kita akan bahas apa saja ke-4 manfaat super tersebut.

Berdasarkan pengamatan saya sebagai seorang blogger yang sudah sejak 2011 lalu menekuni dunia blog, saya sudah merumuskan 4 manfaat super dari kegiatan blogwalking. Ke-4 manfaat super tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Untuk Menambah Pengetahuan.

Tak bisa dipungkiri, seorang blogger harus selalu menambah pengetahuan atau informasi yang ia miliki. Semakin banyak informasi yang kita miliki, mudah-mudahan akan memudahkan kita untuk membuat tulisan-tulisan berkualitas di blog. Nah dengan melakukan blogwalking, hal tersebut akan memudahkan kita untuk membaca dan menyerap beragam informasi/pengetahuan baru.

Saya sendiri cukup sering blogwalking ke berbagai blog yang topik nya saya minati, mulai dari seputar manajemen, make money online, dan beragam topik yang menarik untuk dipelajari. Setelah blogwalking ke beragam blog tersebut, informasi yang saya miliki jadi bertambah. Hasilnya ide-ide menarik dan kreatif untuk menulis selalu bermunculan.

Anda bisa bebas blogwalking ke mana saja, yang penting hal itu tidak merepotkan dan Anda suka melakukannya.

2. Untuk Membangun Silaturahim dengan Blogger Lain.

Tidak ada orang yang bisa sukses seorang diri, termasuk dalam dunia blog. Jika Anda ingin menjadi seorang blogger yang sukses, maka Anda juga harus melibatkan orang lain. Salah satunya adalah melibatkan teman-teman blogger Anda. Banyak teman banyak rezeki, begitu kata pepatah. Untuk itu sudah seharusnya kita menjalin tali silaturahim dengan banyak blogger lain.

Salah satu cara membangun silaturahim dengan blogger lain adalah dengan rutin melakukan kegiatan blogwalking ke berbagi blog teman-teman blogger Anda. Anda bisa kunjungi blog teman-teman Anda, lalu berkomentar di sana. Nah dari sana, teman-teman Anda bisa juga berkunjung balik ke blog Anda.

Lama kelamaan, jika dilakukan secara konsisten maka blogwalking bisa mempererat tali persaudaraan antar blogger. Jika sudah punya banyak teman blogger yang positif, maka pasti Anda akan makin semangat untuk menjadi blogger sukses.

3. Untuk Mendapatkan Backlink.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa backlink adalah salah satu komponen yang amat penting untuk SEO. Dengan mendapatkan backlink berkualitas, mudah-mudahan posisi blog kita dalam index mesin pencari bisa terus meningkat, sehingga akan makin banyak pengunjung blog kita dari mesin pencari.

Nah salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan blogwalking (berkomentar) di blog lain. Tentunya tidak semua komentar Anda akan menghasilkan backlink yang berkualitas, akan tetapi cobalah untuk berkomentar di blog-blog otoritas (blog yang sudah terkenal dan menjadi andalan di suatu topik tertentu). Blog otoritas ini biasanya adalah blog dengan page rank yang cukup tinggi, kemudian artikel-artikel nya bermanfaat, dan menjadi rujukan bagi banyak orang.

Contoh blog otoritas dalam dunia blogging misalnya blog Kang Rohman. Nah jadi mulai sekarang mari kita perbanyak komenar di blog-blog otoritas.

4. Untuk Mendatangkan Trafik Blog Anda.

Sebagian besar blogger juga cukup banyak yang memanfaatkan cara blogwalking ini untuk mendatangkan trafik blog mereka. Ketika kita memberi komentar di blog lain, maka kita bisa menyertakan link (alamat) web kita pada bagian nama pemberi komentar. Nah jika nama kita diklik oleh orang lain, maka orang tersebut akan diarahkan ke website/blog yang tadi alamatnya kita masukkan. Dan dari sanalah trafik akan datang.

Jadi, jika blog Anda sedang sepi, maka Anda bisa coba melakukan blogwalking. Siapa tahu dari sana Anda akan dapat teman blogger baru, ilmu baru dan tentunya trafik juga :).

Nah teman-teman itu dia 4 manfaat super dari kegiatan blogwalking, semoga bisa bermanfaat ya.

Tetap semangat dan semoga sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara blogwalking
  • tips blogwalking
  • blogwalking tips
  • manfaat blogwalking
  • Manfaat blog walking
  • manap
  • tidak bisa blog walking
  • pepatah menjalin teman
  • manfaat internet marketing
  • istilah blogwalking
Be Sociable, Share!