4 Kendala Terbesar Blogger dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Setiap profesi pasti punya tantangan masing-masing, tak ada satupun profesi di dunia ini yang tidak ada tantangan atau kendalanya. Semakin besar tantangan dan kendala dari suatu profesi biasanya akan semakin besar pula potensi rezeki yang bisa kita dapatkan. Termasuk profesi menjadi Blogger juga pasti mempunyai kendala.

Saya yakin tak ada satu pun blogger di dunia ini yang tidak pernah punya kendala terkait blognya, nah di artikel ini kita akan sama-sama bahas 4 kendala terbesar yang biasa menjumpai seorang blogger, dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ke-4 kendala terbesar dan biasa dijumpai oleh seorang blogger.

1. Kendala Waktu Untuk Fokus ke Blog.

Tidak semua blogger adalah full time blogger, akan tetapi justru sebagian besar blogger adalah mereka yang paruh waktu. Mulai dari profesi pelajar, dokter, mahasiswa, karyawan dan banyak lagi. Karena kita punya profesi di luar kegiatan blogging, maka kadang-kadang kita sulit membagi waktu antara ngeblog dan waktu untuk profesi kita di dunia nyata.

Saya sendiri cukup sering mengalami kendala waktu, dari pagi sampai siang (bahkan menjelang sore) harus disibukkan dengan kegiatan sekolah. Belum lagi jika ditambah dengan kegiatan OSIS, weh..weh sibuk gan. Akan tetapi masalah waktu tidak boleh jadi penghalang kita untuk bisa menjadi seorang blogger sukses.

Cara mengatasi kendala waktu.

Tuhan menciptakan segala sesuatu itu berpasang-pasangan. Jadi setiap masalah pasti punya solusinya, nah mengenai masalah waktu ini maka solusi yang bisa teman-teman coba adalah dengan manajemen waktu yang baik.

Setiap orang punya jatah waktu 24 jam tiap harinya. Jatah 24 jam itu sudah cukup banyak lho. Teman-teman bikin komitmen, bahwa segala urusan terkait profesi utama kita haruslah dinomor satukan. Misalnya ada PR dari sekolah, atau ada tugas kantor, segera selesaikan pekerjaan itu. Tujuannya jelas supaya kita nanti punya cukup waktu untuk nge-blog.

Atau hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting, seperti tidak menonton tv, mengurangi jatah tidur 45 menit setiap malamnya, mengurangi waktu ngobrol/chatting, dan banyak lagi cara inspiratif lainnya.

Ingat lho, untuk sukses butuh pengorbanan.

2. Kendala Ide Menulis.

Tidak selamanya menulis itu mudah, terkadang kendala ide adalah salah satu problema para blogger. Mereka kadang suka dilanda krisis ide, sehingga tulisan-tulisan maknyus tak kunjung dihasilkan. Karena itu, mengatasi krisis ide adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para blogger yang ingin sukses.

solusi mengatasi masalah krisis ide menulis, silakan baca di posting ini.

3. Kendala Teknis.

Menjadi seorang blogger, tidak hanya harus bisa menulis saja. Akan tetapi butuh keterampilan tambahan terkait hal-hal teknis. Contoh keterampilan tambahan mengenai teknis yang perlu dimiliki oleh para blogger misalnya : keterampilan SEO, keterampilan pemasaran di internet, dan tentunya kemampuan terkait operasional blog (seperti kemampuan HTML, php, dsb).

Meskipun kemampuan teknis bukanlah hal yang mutlak, akan lebih baik kalau kita para blogger juga melengkapi diri dengan kemampuan yang tadi saya sebutkan.

Ketika di awal nge-blog, para pemula biasanya bingung mengenai cara-cara mendatangkan trafik blog, bingung cara mengedit blog, dan banyak lagi kebingungan-kebingungan lain yang bisa menghambat perjalanan blog kita.

Solusi mengatasi kendala teknis.

Solusinya adalah dengan banyak belajar dari pengalaman, banyak membaca artikel di internet, banyak membaca buku seputar keterampilan teknis yang kita butuhkan. Dijamin dari sana keterampilan kita akan bertambah.

4. Kendala Koneksi Internet.

Nah ini.. ini, yang juga amat penting. Tanpa koneksi internet yang memuaskan, kegiatan blogging bisa jadi membosankan. Udah profit lagi sedikit, internet lemot, komputer error, lengkap sekali deh penderitaanya.

Koneksi internet adalah kebutuhan mutlak para blogger, dan tak bisa dipungkiri bahwa koneksi internet yang baik amat menujang prestasi blog kita. Beragam kegiatan seperti blogwalking, berburu backlink, mendownload tutorial blog, semuanya butuh koneksi internet yang baik.

Untuk itu jika teman-teman punya kendala dengan koneksi internet, maka baiknya untuk segera diatasi.

Solusi : untuk mengatasi problem koneksi internet, saya sarankan agar teman-teman memilih koneksi internet yang benar-benar memuaskan. Ambil contoh saya sendiri memakai Spe*dy, meskipun biaya koneksi internet nya lebih mahal tapi service nya cukup memuaskan. Ingat ya, pilihlah koneksi internet yang terbaik dan memuaskan. Jangan sampai karena masalah koneksi internet, blog Anda jadi tidak sukses.

Apakah teman-teman juga mengalami kendala di atas? Semoga solusinya bisa bermanfaat ya. Jika teman-teman punya tips atau trik mengatasi kendala ngeblog silakan sampaikan lewat kotak komentar ya :).

Tetap semangat dan semoga sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri.

*sumber gambar : Google.com.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • kendala-kendala dalam membaca
  • kendala terbesar saat membaca
  • hambatan blogging
  • cara mengatasi jika banyak kegiatan
  • cara mengatasi kendala menulis kritik
  • kendala waktu
  • kendala-kendala dalam club
  • masalah blogger
  • kendala blog
  • kendala menggunakan blog
Be Sociable, Share!