4 Hal yang Wajib Dipelajari Oleh Pebisnis Informasi

Menjadi seorang pebisnis informasi, adalah salah satu profesi bisnis internet yang sangat potensial saat ini. Seiring dengan semakin banyaknya pemakai internet, kebutuhan akan informasi juga terus meningkat. Maka tak heran, banyak bermunculan para pebisnis informasi yang menjual produk-produk informasi seperti dalam bentuk ebook, video tutorial, dan beragam aplikasi panduan belajar lainnya.

Seperti yang sudah sering kita bahas pada artikel seputar bisnis informasi di internet, selain berbisnis kita juga akan menjadi seorang guru atau mentor yang akan mengajari orang-orang melakukan sesuatu dengan lebih baik. Misalnya jika produk informasi yang Anda jual adalah seputar cara membangkitkan motivasi maka Anda akan mengajari orang-orang bagaimana membangkitkan motivasi dalam diri mereka.

Nah bicara soal bisnis informasi, kali ini saya tertarik untuk membahas mengenai 4 hal yang sangat perlu (wajib) dikuasai dan dipelajari oleh seorang pebisnis informasi. Apa saja ke-4 hal luar biasa tersebut? Mari kita simak sajian singkat dan menarik kali ini.

1. Kemampuan Menulis yang Baik.

Sebagai seorang pebisnis informasi, jelas Anda dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik lewat media tulisan. Sekalipun produk informasi Anda dalam bentuk video tutorial, tetap saja Anda harus bisa menulis. Entah itu untuk menulis ebook pendukung panduan belajar Anda, untuk menulis surat penawaran (sales letter) nantinya, dan banyak lagi hal-hal penting terkait kegiatan menulis.

Ketika menulis, Anda jangan berpusing-pusing dulu mengenai EYD dan aturan tata bahasa yang formal, yang paling penting adalah tulisan Anda mudah dipahami oleh pembaca. Tapi akan lebih baik jika didukung pula dengan kemampuan EYD dan tata bahasa yang baik.

Kunci agar bisa memiliki kemampuan menulis yang baik adalah dengan terus berlatih.

2. Kemampuan Membidik Pasar yang Potensial.

Bisnis tetaplah bisnis, sekalipun Anda penulis ebook Anda juga harus membekali diri dengan keterampilan seorang entrepreneur. Salah satu kemampuan yang perlu Anda miliki adalah kemampuan membidik pasar yang potensial, hal semacam ini termasuk kemampuan memanfaatkan peluang yang ada.

Anda perlu tahu ide-ide apa saja yang akan laris di pasaran saat ini. Bagaimana cara mendapatkan kepercayaan pembeli, bagaimana mendapatkan topik yang menjual, dan sebagainya.

Agar Anda bisa benar-benar mendapatkan topik yang menjual plus Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada, jelas Anda perlu banyak belajar dan berlatih. Belajarlah dari mereka yang sudah ahli dalam bisnis.

3. Kemampuan Copywriting.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa bisnis informasi tetaplah bisnis. Jadi Anda perlu juga memiliki kemampuan pemasaran dan kemampuan mempengaruhi orang lain untuk membeli produk informasi yang Anda jual. Dalam bisnis dikenal istilah copywriting, yakni kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui media tulisan.

Kemampuan copywriting yang baik amatlah bermanfaat untuk berbisnis. Selain diperlukan untuk menulis surat penawaran yang “nendang”, kemampuan copywriting juga diperlukan untuk berpromosi, terutama promosi yang berkaitan dengan media tulisan.

Cara belajar copywriting tidaklah sulit-sulit amat, Ansa bisa belajar dengan meniru sales letter-sales letter yang biasa dijumpai di internet. Contoh sales letter yang menarik bisa Anda baca di situs Sekolah Bisnis Ebook.

4. Kemampuan Berpromosi dan Membangun Merek.

Salah satu faktor yang tidak bisa dilepaskan dalam berbisnis adalah kegiatan berpromosi. Tujuannya jelas yaitu untuk meningkatkan angka penjualan sehingga profit bisa bertambah. Kemampuan berpromosi adalah keterampilan yang juga harus Anda miliki. Baik itu promosi di dunia maya, maupun promosi di dunia nyata.

Ada banyak cara promosi yang bisa Anda lakukan, misalnya di dunia maya, Anda bisa berpromosi dengan cara sebagai berikut.

  • Me-review produk Anda secara sering lewat blog, seperti yang sering saya lakukan di blog ini.
  • Memasang iklan di internet yang mengarah ke situs penjualan produk Anda.
  • Menjadi seorang penulis tamu di blog/web lain untuk mendatangkan pengunjung ke website penjualan produk Anda.
  • Menerapkan teknik SEO yang baik agar website Anda bisa ranking 1 dalam pencarian di Google sehingga makin banyak orang yang datang ke website Anda.
  • Memanfaatkan media Facebook dan social media lainnya untuk berpromosi.

Ke-empat kemampuan di atas lama kelamaan akan menjadi keterampilan unggulan Anda jika Anda terus menggunakan dan berlatih belajar kemampuan-kemampuan di atas. Nikmati saja proses belajar yang ada, terus berupaya maka lama kelamaan Anda akan menjadi seorang yang mahir dan expert.

Tetap semangat dan semoga Anda sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • belajar copywriting
  • menjual informasi
  • cara menjual informasi di internet
  • Menjual informasi di internet ?
  • contoh produk pengguna internet marketing
  • cara berbicara yang benar pada saat promosi
  • hal-hal penting dalam EYD
  • hal-hal pokok yang dipelajari di teknologi informatika
  • 4 hal pokok yg di pelajari dalam
  • hal-hal perlu dipelajari dalam marketing?
Be Sociable, Share!