4 Cara Praktis Mendatangkan Trafik Website dari Facebook

Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang paling populer di dunia saat ini, sehingga tak sedikit pihak yang memanfaatkan Facebook sebagai sarana pemasaran mereka. Saya pun juga termasuk orang yang rutin menggunakan Facebook untuk kepentingan promosi bisnis internet. Dalam dunia bisnis online, dikenal istilah yang namanya facebook marketing. Yakni sebuah metode pemasaran dengan memanfaatkan Facebook sebagai media nya.

Facebook marketing termasuk metode pemasaran yang sangat efektif, sudah cukup banyak figur yang sukses menjadi amat dikenal berkat memanfaatkan metode Facebook marketing. Contohnya seperti presiden Obama saat kampanyenya dulu di tahun 2008, beliau juga memakai media Facebook, kemudian juga ada Pak Mario Teguh yang sukses dengan fans page nya yang mampu menjadi halaman Facebook terbesar di Indonesia.

Nah bicara soal facebook marketing, kali ini saya bermaksud membagikan 4 cara praktis untuk mendatangkan trafik website dengan memanfaatkan media Facebook. Sebenarnya cara mendatangkan trafik dari Facebook tidak hanya 4, melainkan ada banyak cara lain, tapi yang kita bahas di sini adalah cara praktis.

Berikut pembahasannya.

1. Memanfaatkan Media Foto

Foto adalah salah satu konten utama yang paling sering muncul di Facebook, orang-orang terbiasa berbagi dan menyaksikan foto di Facebook. Nah Anda juga bisa memanfaatkan media foto untuk mendatangkan trafik ke website Anda. Anda bisa bagikan foto ke akun Facebook Anda, tandai teman-teman Anda, lalu cantumkan alamat web Anda di foto/keterangan foto tersebut. Dari sana, setiap orang yang melihat foto Anda, maka mereka akan tahu alamat web Anda. Barangkali saja mereka akan bertandang ke webiste Anda.

Foto yang Anda bagikan bisa foto apa saja, yang pasti bagikanlah foto yang berkaitan dengan produk Anda atau yang paling penting adalah foto yang menarik. Kenapa harus foto yang menarik?

Sebab kalau fotonya menarik maka orang-orang akan menyukai dan barangkali ikut menyebarkannya. Dari sana efek viral marketing bisa tercipta, sebab foto Anda akan menyebar ke banyak orang di Facebook.

Contohnya seperti yang sering saya lakukan di fans page Motivasi Harian. Di halaman ini saya sering tampilkan foto-foto kata-kata motivasi yang tentunya disukai oleh para fans, dari sana banyak fans yang membagikan atau memberikan like pada foto tersebut.

Contohnya seperti foto ini :

Jenis foto seperti di atas, pastii akan memiliki efek viral dan penyebaran yang bagus, sebab orang-orang pasti suka dan butuh kata-kata motivasi.

Bagaimana, menarik? Anda mau mencobanya?

2. Promosi Alamat Web di Status Facebook

Nah ini juga trik yang bisa Anda coba, selain mudah cara ini juga praktis. Misalnya Anda buat status yang keren, atau inspiratif begitu, nah di akhir status Anda bisa tampilan alamat dari blog/website Anda. Sehingga orang yang membaca status Anda akan tahu alamat website Anda.

Cara ini bisa Anda lakukan baik memakai akun pribadi, maupun memakai halaman Facebook sekalipun. Bahkan Pak Mario Teguh sekalipun juga sering memakai cara promosi semacam ini. Contohnya seperti pada gambar berikut ini.

3. Trafik dari Iklan di Facebook

Jika Anda mau mendapatkan limpahan traffic dengan cara praktis dan dalam jumlah yang besar, maka solusinya adalah dengan beriklan di Facebook. Anda bisa mendapatkan pengunjung yang amat tertarget, mulai dari berdasarkan target usia, target demografi, target hobi/minat, target berdasarkan wilayah tempat tinggal, dan banyak lagi. Setelah Anda memasang iklan yang baik dan tertarget di Facebook, maka dijamin trafik yang melimpah akan datang ke website Anda.

Nah jika Anda tertarik beriklan di Facebook, silakan kunjungi http://www.facebook.com/advertising.

4. Mendapatkan Trafik dari Catatan di Facebook

Selain memanfaatkan media foto, kita juga bisa mendapatkan limpahan trafik dari Facebook dengan memanfaatkan media catatan. Kita bisa menulis catatan di Facebook, lalu dalam catatan tersebut kita cantumkan link menuju website kita. Jadi setiap orang yang membaca catatan kita bisa langsung mengunjungi web yang kita tampilkan.

Anda bisa buat/tulis catatan apa saja, entah itu seputar artikel blog Anda, seputar motivasi dan inspirasi, seputar informasi penting yang sedang hot ataupun artikel yang berisi opini Anda. Dan nanti jika catatannya sudah selesai, jangan lupa tandai teman Anda, agar banyak orang yang membaca catatan yang sudah Anda buat.

Media catatan ini juga bisa Anda jadikan sarana promosi, baik itu promosi website Anda maupun promosi produk yang Anda jual. Contohnya seperti di catatan ini, saya mempromosikan ebook motivasi karya saya yang bisa diwnload gratis oleh orang-orang di internet.

Nah kawan-kawan, itulah 4 cara praktis mendatangkan trafik dari Facebook yang bisa saya bahas kali ini. Semoga bermanfaat ya, jika kawan-kawan punya trik atau cara lain, mari berbagi lewat kotak komentar ya :).

Tetap semangat.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • Panduan Facebook Marketing
  • cara promosi halaman facebook
  • cara promosi halaman di facebook
  • buat kata-kata yang bagus
  • kata-kata motivasi belajar
  • cara mendatangkan trafik dari facebook
  • Cara marketing facebook
  • kata kata motivasi untuk belajar
  • kata motivasi bagi marketing
  • kata-kata semangat
Be Sociable, Share!