4 Cara Dasar Berpromosi di Internet

promosi di internetTak sedikit orang yang dan pelaku bisnis online yang sampai saat ini masih kebingungan bagaimana cara berpromosi di internet. Tentunya hal ini tidaklah begitu baik, sebab seperti kata sejumlah ahli bisnis (sebut saja misalnya Robert Kiyosaki), seorang pebisnis/pengusaha dituntut memiliki knowledge (pengetahuan) di bidang yang ia jalani.

Ada berbagai tanda yang dapat memperlihatkan bahwa seseorang masih kebingungan dalam berpromosi online. Tanda-tanda tersebut misalnya :

  • Terlalu mengandalkan Facebook untuk berbisnis/berjualan online, padahalkan di luar Facebook masih ada berbagai media social dan media promosi lainnya.
  • Promosinya masih belum kreatif, dan cenderung mengganggu orang lain. Misalnya dengan tag foto sembarangan di Facebook, share gak jelas di grup dan banyak lagi.

Agar tak lagi kebingungan dalam melakukan promosi online, penting sekali bagi kita untuk belajar dan mengetahui tentang 4 cara dasar berpromosi di internet.

Nah konsep mengenai 4 cara dasar berpromosi di internet ini sebelumnya sudah pernah kami publikasikan di buku Sukses Bisnis Toko Online dengan Bloggerdan kali ini kembali kami bagikan pada artikel ini untuk Anda.

4 Cara Promosi di Internet

Kami mencoba mengelompokkan cara promosi di internet kedalam 4 kelompok dasar, yakni sebagai berikut.

  • Promosi online melalui media sosial. Ya tahu sendiri, contohnya seperti berpromosi dengan memakai Facebook, Youtube ataupun media sosial lainnya.
  • Promosi online melalui iklan di internet. Bagian kedua adalah berpromosi online melalui media iklan di internet. Contoh misalnya dengan memanfaatkan iklan Google Adwords, iklan di Facebook dan berbagai media iklan lainnya di internet.
  • Promosi melalui forum, misalnya dengan promosi melalui situs-situs forum komunitas dan forum jual beli.
  • Promosi dengan memanfaatkan mesin pencari.

Mana Cara Promosi yang Terbaik?

bingung memilih cara promosi di internetKe-4 nya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda punya anggaran dan waktu yang cukup maka ke-4 cara promosi tadi bisa Anda coba dan pakai semua.

Tapi setiap pebisnis tujuan dan kebutuhannya pasti berbeda-beda, nah beda tujuan dan kebutuhan maka jelas cara promosi yang tepat juga berbeda.

Mungkin ada yang sangat subur berjualan di Facebok (misal berjualan baju, aksesoris), tapi di sisi lain bidang  bisnis lain belum tentu cocok berpromosi di Facebook. Maka dari itu kombinasi dari ke-4 cara di atas amat sangat diperlukan.

Khusus di artikel kali ini, kita akan bahas 2 dari ke-4 cara tadi ya.

Bagaimana Menjadikan Mesin Pencari Sebagai Mesin Promosi?

Sudah tidak perlu diragukan lagi, ketika seseorang mencari informasi pasti ia akan terlebih dahulu memanfaatkan mesin pencari (terutama Google). Nah sebagai pelaku bisnis, mau tidak mau pesan promosi Anda juga harus ada di Google dong.

Jangan sampai ketika orang mencari sesuatu yang berkaitan dengan produk Anda, eh ternyata promosi produk Anda tidak muncul di Google. Bisa-bisa orang-orang malah beli dari kompetitor Anda.

Nah sekarang yang jadi pertanyaan, gimana supaya pesan promosi Anda bisa muncul di Google?

promosi dengan GoogleAda dua cara yang dapat Anda lakukan, yakni :

  • Memasang iklan di Google Adwords untuk kata kunci produk Anda.
  • Membuat banyak artikel (yang berisi pesan promosi), dan berusaha agar artikel-artikel Anda tadi mampu meraih posisi memuaskan di hasil pencarian Google.

Untuk cara pertama, tentu saja tidak perlu dibinguungkan, Anda dapat langsung memasang iklan produk Anda di Google, melalui program periklanan Google Adwords.

Sementara dengan cara yang kedua, mau tidak mau, suka tidak suka Anda harus punya website yang dapat dipakai untuk menyajikan konten artikel promosinya.

Tak cukup website saja, web tersebut juga harus teroptimalisasi dengan SEO.

Berpromosi Melalui Forum di Internet?

Di internet kita juga sangat boleh untuk memanfaatkan berbagai forum yang ada. Seperti misalnya Kaskus. Bahkan di Kaskus sendiri sudah tersedia forum khusus untuk kegiatan jual beli.

Selain Kaskus, kita juga dapat memanfaatkan berbagai forum komunitas lainnya. Seperti misalnya jika Anda adalah pelaku bisnis internet bidang adsense, maka Anda dapat juga bergabung dengan forum komunitas Ads-id.

Ingatlah pepatah lama, banyak kawan banyak rezeki. Dan salah satu tempat mencari kawan yang tepat di dunia maya adalah dengan melalui forum.

Semoga artikel ini membuka pengetahuan kawan-kawan tentang 4 cara dasar promosi di internet ya.

Salam super!!

Jefferly Helianthusonfri (@JefferlyHelian)

Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • 4 cara berpromosi
  • cara berpromosi yang baik
  • cara berpromosi di facebook
  • cara berpromosi
  • cara berpromosi di internet
  • cara berpromosi internet marketing
  • cara-cara berpromosi dan contohnya
  • bagaimana cara promosi di internet
  • cara promosi jual beli online
  • Cara promosi super
Be Sociable, Share!