4 Cara Ampuh Memasarkan Produk Afiliasi

Keberhasilan penjualan suatu produk sangatlah ditentukan oleh keberhasilan pemasarannya, termasuk dalam hal bisnis afiliasi. Keberhasilan pemasaran sangatlah mempengaruhi penjualan produk yang kita afiliasikan. Bicara soal pemasaran dan afiliasi maka pada artikel kali ini saya tertarik untuk membahas seputar 4 cara ampuh memasarkan produk yang kita afiliasikan.

Seperti apakah ke-4 cara ampuh itu? Simak yang berikut ini.

1. Menggunakan Blog.

Seperti yang pernah saya katakan di buku saya Satu Juta Pertama Anda Lewat Internetbahwa blog adalah aset yang sangat penting dalam bisnis online. Menginvestasikan uang, tenaga dan pikiran kita untuk mengembangkan aset yang namanya blog memang sangat disarankan, sebab blog ini bisa menjadi media pemasaran yang sangat ampuh, termasuk dalam hal bisnis afiliasi.

Berikut 2 cara  promosi dasar untuk memasarkan produk afiliasi  melalui media blog :

  • Lewat artikel review. Kita bisa membuat satu atau beberapa artikel yang isi artikel tersebut membahas (me-review) seputar produk yang kita afiliasikan. Jadi di artikel itu kita bisa tampilkan kelebihan dan kekurangan prduk, cara membeli produk itu, profil penjual (produsennya) dan banyak lagi.
  • Melalui media banner promosi. Kebanyakan broker/penyedia layanan afiliasi biasanya sudah menyediakan fasilitas promosi yang berupa banner. Nah kita bisa gunakan fasilitas promosi banner itu untuk promosi di blog kita. Kita tinggal tambahkan kode HTML banner promosi dari broker di blog kita, maka nanti pasti banner promosinya akan tampil.

Bagaimana, Anda tertarik mencoba? Kalau Anda sudah punya blog maka segeralah manfaatkan blog tersebut agar menambah penghasilan Anda.

Bagi yang belum, segeralah membuat blog.

2. Promosi Produk Afiliasi Lewat Forum.

Keberadaan berbagai forum yang ada di internet juga bisa kita manfaatkan untuk kepentingan produk afiliasi yang kita pasarkan. Akan tetapi disarankan supaya Anda memasarkan produk afiliasi melalui forum yang tepat. Misalnya kalau produk afiliasi yang Anda pasarkan adalah produk seputar internet marketing dan bisnis internet (misal produknya seperti : theme WordPress, tool SEO, dll) maka promosikan produk tersebut di forum-forum internet marketer. Misalnya di Adsense-id.

Nah berita baiknya, biasanya setiap forum sudah dilengkapi dengan kategori-kategori tertentu, misalnya di Kaskus, sudah ada sub forum internet, sub forum game, sub forum desain, dan banyak lagi. Jadi Anda tinggal masuk ke sub forum tersebut lalu Anda bisa melakukan promosi di sana.

Akan tetapi, dalam berpromosi di forum ada etika yang harus dipatuhi. Jangan melakukan kegiatan spamming, dan bangunlah reputasi yang baik agar Anda disukai oleh member-member lain dari forum tersebut.

3. Pasarkan Produk Afiliasi Anda dengan Iklan.

Ya menggunakan media iklan adalah salah satu solusi pemasaran produk afiliasi Anda. Banyak para affiliate marketer yang memakai media promosi iklan. Jadi mereka pasang iklan di situs-situs tertentu, lalu dalam iklan tersebut sudah ada link afiliasi mereka, jadi ketika iklan diklik maka si orang yang nge-klik akan diarahkan ke situs penjualan produk.

Ada berbagai media iklan yang bisa kita manfaatkan, akan tetapi rekomendasi saya Anda bisa pakai media iklan berikut ini.

  • Google Adwords. Kenapa Google Adwords? Sebab iklan ini begitu tertarget. Misalnya Anda pasang iklan untuk kata kunci “cara membuat blog”, maka nanti iklan Anda akan ditempatkan pada pencarian teratas di Google untuk kata kunci “cara membuat blog”. Nah ketika ada orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci “cara membuat blog”, maka mereka akan menemukan iklan Anda dan kemungkinan besar akan mengklik iklan Anda. Dan dari sanalah kemungkinan terjadinya penjualan akan muncul :).
  • Facebook ads (iklan di Facebook).

Dalam memasang iklan PPC, berikut tips dari saya :

  • Buat isi iklan sederhana dan mudah dipahami.
  • Pasanglah iklan di media yang tepat dan sesuai target pasar Anda.
  • Isi iklan dan pesan iklan harus sesuai. Misalnya kalau isi iklan adalah cara membuat blog, maka pesan iklan juga harus cara membuat blog. Jangan isi iklannya panduan membuat blog, tapi pesan iklan Anda adalah obat mengatasi sterss. Gak cocok kan?

4. Manfaatkan Email Marketing.

Teknik email marketing juga sangat bagus untuk kita manfaatkan, sebab pemasaran dengan cara ini terbukti sangat efektif. Konsepnya sederhana koq, jadi kita akan mengirimkan pesan penawaran produk kepada para member yang sudah mendaftarkan diri mereka pada kita. Banyak para guru internet marketing yang mengajarkan agar kita membangun list dan memanfaatkan teknik email marketing ini.

Nah jika Anda ingin belajar panduan lengkap melakukan promosi dengan teknik email marketing maka silakan baca panduan lengkap nan maknyus nya di buku saya yang berjudul Meledakkan Profit dengan Blog dan Email.

Nah rekan pembaca itulah 4 cara ampuh untuk memasarkan produk afiliasi kita, berhasil atau tidaknya sangat tergantung dari upaya kita. Semakin baik upaya kita maka semakin baik pulalah hasilnya. Semoga artikel ini bisa menginspirasi, dan mari kita segera take action.

Salam super.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bisnis afiliasi lewat facebook
  • cara melakukan afiliasi pemasaran
  • cara promosi produk
  • promosi produk
  • cara promosi link affiliasi
  • cara promosi affiliate
  • pemasaran produk
  • produk afiliasi
  • Prosedur melakukan iklan afiliasi
  • cara melakukan afiliasi
Be Sociable, Share!