Inspiratif : 3 Langkah Dahsyat Menghasilkan Uang dari Pemasaran Afiliasi

menghasilkan uang dari affiliate marketing

Menghasilkan uang dari pemasaran afiliasi?

Tentu saja bisa.

Affiliate marketing adalah salah satu metode make money online yang masih ampuh dan sudah dibuktikan oleh banyak orang. Kegiatan pemasaran afiliasi dapat Anda jalankan, baik sebagai kegiatan sampingan ataupun kegiatan (profesi) utama Anda. Sudah banyak orang Indonesia yang meraih manisnya pendapatan dari pemasaran afiliasi.

Beberapa nama seperti salah satunya Rully Kustandar (founder KebunEmas.com) adalah salah satu contoh sukses seorang affiliate marketer. Bahkan Rully Kustandar tercatat sebagai salah satu dari 4 orang Indonesia yang paling awal mendapat gelar top affiliate Clickbank.

Apa itu Clickbank? Clickbank adalah program afiliasi yang dihadirkan oleh situs Clickbank.com. Anda dapat mengulik informasi mendalam tentang Clickbank ini dengan melakukan pencarian di Google.

Kembali ke pembahasan utama, pemasaran afiliasi atau yang familiar dengan nama affiliate marketing ini sudah sejak lama dikenal sebagai metode internet marketing yang dapat mendatangkan passive income. (Baca artikel : Inilah 3 Cara Ampuh Mendapatkan Passive Income dari Internet ).

Bagaimana langkah-langkah menghasilkan uang dari affiliate marketing? Ini dia 3 langkah utamanya.

1. Riset Pasar, Cari Tahu Kebutuhan Market

Langkah pertama yang perlu kita lakukan dalam memulai kegiatan affiliate marketing adalah melakukan riset pasar.

Riset ini diperlukan agar kita tahu apa yang jadi masalah dari target pasar. Setelah kita tahu apa yang menjadi masalah dari target pasar, maka barulah kita akan mencari produk yang dapat kita tawarkan untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh target pasar.

Ambil contoh di internet ada banyak orang yang mengalami kelebihan berat badan dan ingin diet. Nah pasar orang yang ingin diet ini dapat Anda tawari produk panduan diet. Anda dapat bekerja sama dengan situs afiliasi yang menyediakan produk yang berkaitan dengan dunia diet.

Contoh lain, Anda menemukan bahwa di internet ada banyak orang yang ingin belajar menjadi penulis, tetapi belum ada panduan yang membahas detail langkah demi langkah menjadi seorang penulis. Nah Anda dapat memasarkan produk panduan jadi penulis kepada target pasar tadi. Contoh website yang menyediakan produk panduan menjadi penulis adalah website www.KeajaibanMenulis.com.

Untuk mencari produk yang akan diafiliasikan Anda dapat melihat-lihat dan bergabung menjadi affiliate marketer di situs-situs berikut.

  • Clickbank.com. Ini adalah situs affiliate marketing TOP dunia dan produk yang tersedia lebih cocok untuk dipasarkan ke target pasar orang luar negeri (di luar Indonesia). Produk-produk yang tersedia berupa produk digital (ebook, video tutorial, dsb).
halaman depan situs Clickbank.com

halaman depan situs Clickbank.com

  • Amazon.com. Ini adalah salah satu toko online terbesar di dunia. Produk yang tersedia sangat beragam, mulai dari produk fisik sampai produk digital.
  • Ratakan.com. Nah kalau yang ini adalah situs marketplace afiliasi lokal Indonesia. Ratakan.com ini adalah Clickbanknya Indonesia. Produk yang tersedia adalah produk digital. Salah satu produk saya (BelajarIklandiFacebook.com) juga tersedia di Ratakan.com ini.
halama depan situs Ratakan.com

halaman depan situs Ratakan.com

  • YukBisnis.com. Ini juga salah satu situs yang menyediakan program afiliasi dengan target pasar lokal (Indonesia). Produk yang tersedia berupa produk fisik dan produk digital.

2. Bangun Sales Page (Halaman Penawaran) Produk Afiliasi Anda

Setelah Anda menemukan apa permasalahan yang dihadapi oleh target pasar maka Anda tinggal memilih produk yang akan Anda pasarkan.

Nah kalau seandainya Anda sudah menemukan produk apa yang akan dipasarkan maka tahap berikutnya adalah Anda membuat sales page (halaman penawaran) untuk menawarkan produk afiliasi Anda.

Contoh sebuah sales page seperti yang ada di alamat ini : www.BelajarListBuilding.com.

Di sales page inilah Anda memberikan penawaran produk yang Anda afiliasikan.

Untuk membuat sales page Anda bisa menggunakan blog, atau bisa juga dengan membuat sales page dengan menggunakan aplikasi HTML editor. BelajarListBuilding.com adalah salah satu contoh sales page yang dibuat dengan aplikasi HTML editor.

3. Datangkan Trafik ke Sales Page

5 cara jitu bannerSetelah Anda berhasil membuat sebuah halaman penawaran, maka langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mendatangkan calon pembeli (trafik) ke halaman penawaran produk Anda tadi.

Bagaimana cara mendatangkan trafik (pengunjung) ke website/blog Anda?

Ada banyak metode yang dapat Anda gunakan. Contohnya seperti berikut ini.

  • Gunakan optimalisasi SEO. Dengan optimalisasi SEO, Anda berjuang menjadikan website/blog Anda tampil di halaman pertama pencarian Google untuk kata kunci produk Anda. Ambil contoh Anda memasarkan produk panduan diet, maka dengan SEO yang optimal, ketika orang mengetik kata kunci “panduan diet” di Google maka web Anda akan keluar di urutan teratas (atau setidaknya halaman pertama pencarian Google). Jika Anda mau belajar SEO dari panduan yang mudah dipahami, silakan baca buku ini : 5 Cara Jitu Agar Web Anda Ranking 1 di Google.
  • Gunakan article marketing. Artikel marketing adalah sebuah teknik pemasaran di mana Anda memasarkan suatu produk dengan menggunkan media artikel. Misalkan Anda memasarkan produk panduan diet maka Anda bisaย  membuat artikel dengan topik tips diet, lalu di dalam artikel tersebut Anda selipkan promosi menuju halaman penawaran produk Anda. Artikel marketing Anda dapat dipublikasikan di blog.
  • Gunakan juga sosial media, seperti Facebook, Twitter, ataupun media-media sosial yang biasa Anda gunakan. Promosikan juga web Anda di Facebook, Twitter, datangkan trafik dari sana.
  • Gunakan Facebook Ads. Facebook Ads adalah program periklanan di Facebook. Dengan memasang iklan di Facebook Anda berpulang mendapatkan ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung per hari dari Facebook. Jika Anda ingin belajar beriklan di Facebook maka silakan mendaftar sebagai member di situs BelajarIklandiFacebook.com.

Jika Anda sudah berhasil mendatangkan trafik ke halaman penawaran produk Anda, maka selanjutnya adalah Anda tinggal berupaya meningkatkan konversi. Semakin besar konversi yang terjadi maka akan semakin banyak pembeli produk Anda. Persentase konversi ini bisa diukur dengan perhitungan sebagai berikut.

jumlah pembeli produk Anda : jumlah pengunjung x 100 %.

Contoh, dalam sebulan ada 20 pembeli produk afiliasi, sementara jumlah pengunjung web Anda dalam sebulan adalah 400 orang. Nah angka konversi yang Anda dapatkan adalah sebesar 5 %.

cover buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Affiliate Marketing

Itulah 3 langkah utama dalam upaya menghasilkan uang dari affiliate marketing. Jika Anda sudah paham konsepnya secara garis besar maka untuk detail tentang teknik-teknik affiliate marketing dapat Anda pelajari dari berbagai sumber. Entah itu dari workshop, kursus online, ebook/video tutorial, ataupun belajar dari buku panduan affiliate marketing.

Buku Panduan Affiliate Marketing

Bulan Juli 2014 lalu, kami bersama PT. Elex Media Komputindo telah merilis sebuah buku panduan affiliate marketing yang berjudul 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Affiliate Marketing.

Buku ini adalah buku berisi panduan, teknik, motivasi serta inspirasi dalam menjalankan kegiatan affiliate marketing. Sebuah buku panduan yang memandu Anda langkah demi langkah agar bisa menghasilkan uang dari affiliate marketing. Pembahasan buku ini ditujukan untuk semua kalangan, bahkan Anda yang masih pemula pun dapat mempelajari buku ini dengan mudah, santai dan setelah Anda membaca buku ini Anda akan ketagihan untuk membaca buku-buku kami yang lainnya. ๐Ÿ™‚

Klik di sini untuk membaca dan memesan buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Affiliate Marketing

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • pemasaran uang
  • cara menghasilkan uang melalui pemasarn afiliasi
  • pendapatan ratakan com
  • penghasilan dari affiliasi ratakan
  • penghasilan di ratakan
  • ratakan afiliasi
  • rully affliate amazon
  • rully kustandar clickbank
  • sukses afiliasi ratakan
  • affiliate marketing ratakan
Be Sociable, Share!