3 Ide Bisnis Dahsyat Bermodalkan Kemampuan SEO

ide bisnis bermodalkan SEO

sumber gambar : pengusaha.co

Tulisan ini berisi inspirasi mengenai 3 ide bisnis bermodalkan kemampuan SEO. Setelah membaca tulisan menarik ini Anda akan terinspirasi untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan kemampuan SEO yang sejak lama mungkin sudah Anda miliki.

Seiring dengan semakin majunya perkembangan internet, ada banyak peluang bisnis yang terhampar di depan kita. Termasuk  SEO (Search Engine Optimization) juga dapat dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Di tulisan ini, kita akan membahas mengenai beberapa peluang sekaligus ide bisnis yang dapat Anda geluti bermodalkan kemampuan SEO.

Bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis online, atau bagi Anda yang sedang butuh ide baru dalam bisnis online maka tulisan kali ini sangat cocok untuk Anda.

Kemampuan SEO Adalah Aset yang Wajib Dimiliki Pelaku Bisnis Online

Kehidupan manusia saat ini sudah sangat bergantung pada mesin pencari. Ketika Anda baru pertama kali mengunjungi sebuah daerah, biasanya Anda akan Googling mengenai daerah tersebut. Ketika Anda mau membeli produk, Anda pasti mencari informasi tentang produk tersebut di Google. Dua hal ini sudah menjadi kebiasaan kita, apa-apa serba Google. Singkatnya, mesin pencari sudah sangat lekat dengan kehidupan kita.

Dalam beberapa tahun mendatang, tentu saja kehidupan manusia akan semakin bergantung pada mesin pencari. Oleh karena itu, jika ingin bisnis kita eksis di internet maka bisnis kita haruslah muncul di mesin pencari. Tentu akan lebih baik jika bisnis kita eksis di mana-mana, termasuk di mesin pencari.

Nah supaya bisnis kita bisa tampil di hasil pencarian mesin pencari maka kita perlu menerapkan yang namanya SEO. SEO diperlukan untuk mengoptimalkan peringkat website Anda di mesin pencari. Penerapan SEO yang optimal akan menjadikan website kita menempati peringkat atas pada hasil pencarian mesin pencari.

SEO yang optimal akan menjadikan web Anda menempati peringkat yang optimal di mesin pencari.

SEO yang optimal akan menjadikan web Anda menempati peringkat yang optimal di mesin pencari.

Tak heran, ketika Anda memiliki kemampuan SEO Anda akan selangkah lebih maju dibanding kompetitor Anda. Saya sebagai mahasiswa merasa sangat beruntung karena memiliki kemampuan SEO. Dengan kemampuan SEO ini saya bisa menangani dan mengoptimalkan berbagai website, mulai dari website miliki saya sendiri, web komunitas kampus, sampai website-website organisasi yang saya tangani. Tak jarang dari kegiatan mengoptimalkan web tersebut, saya mendapatkan relasi baru, pengalaman baru dan tentunya produktivitas yang bisa berujung pada income.

Singkanya, kemampuan SEO sangatlah berharga. Beruntunglah bagi Anda yang sudah menguasai kemampuan SEO.

(Bagi Anda yang mau belajar SEO, bisa baca buku SEO saya yang berjudul 5 Cara Jitu Agar Web Anda Ranking 1 di Google.)

Tak hanya bermanfaat bagi pengembangan bisnis online Anda, kemampuan SEO juga bisa Anda jual. Berikut beberapa ide bisnis potensial bermodalkan kemampuan SEO.

1. Ide Bisnis : Menjual Jasa SEO Untuk Perusahaan/Bisnis

Tak bisa dipungkiri, masih banyak perusahaan yang kekurangan sumber daya manusia dalam bidang internet marketing  (termasuk dalam SEO). Nah peluang inilah yang dapat Anda manfaatkan. Tak ada salahnya Anda mencoba membuka perusahaan konsultan yang juga sekaligus menyediakan jasa SEO. Sama seperti bisnis jasa untuk corporate (perusahaan) lainnya, bisnis jasa SEO menawarkan peluang income yang besar. Menjual jasa ke perusahaan/klien bisnis termasuk salah satu kegiatan produktif dengan income yang sangat menjanjikan.

Agar dapat membuka jasa SEO tentu kita harus memiliki portofolio. Portofolio dalam bisnis jasa SEO biasanya berupa peringkat di hasil pencarian mesin pencari (search engine result page).

Untuk membuat portofolio SEO Anda dapat membidik beberapa kata kunci yang persaingannya tinggi, lalu usahakan website Anda bisa menempati peringkat atas pada hasil pencarian untuk kata kunci tersebut. Ambil contoh, Anda membidik kata kunci “jual mobil bekas”. Jika website Anda bisa ranking 1 untuk kata kunci tersebut maka kemampuan SEO Anda layak diacungi jempol. Mengapa? Karena kata kunci “jual mobil bekas” termasuk kata kunci yang persaingannya lumayan. Jika web Anda sanggup ranking 1 untuk kata kunci “jual mobil bekas” artinya web Anda mampu mengalahkan website-website besar seperti Olx ataupun Berniaga.com.

hasil pencarian Google untuk kata kunci "jual mobil bekas".

Hasil pencarian Google untuk kata kunci “jual mobil bekas”.

Setelah Anda memiliki portofolio barulah Anda tawarkan jasa SEO tersebut. Untuk menawarkan jasa SEO Anda dapat menggunakan website company profile. Buatlah website company profile dari bisnis/perusahaan SEO Anda. Tawarkan jasa SEO Anda lewat website tersebut. Nah jika sudah ada websitenya barulah Anda aktif mencari klien yang mau memakai jasa SEO Anda.

Bagaimana? Tertarik mencoba ide bisnis ini? 🙂

2. Ide Bisnis : Menjadi Pemasar Untuk Produk-Produk UKM di Kota Anda

Di Indonesia ada ribuan kota. Di setiap kota pasti ada UKM ataupun bisnis kecil yang butuh bantuan pemasaran. Salah satu masalah yang kerap dijumpai oleh UKM di Indonesia adalah kurangnya bantuan pemasaran. Padahal di era internet seperti sekarang ini, pemasaran juga dapat dilakukan lewat media online. Kendati demikian, lagi-lagi masalah SDM. Masih banyak pelaku UKM yang kekurangan sumber daya manusia untuk mengerjakan SEO website mereka.

Nah peluang inilah yang dapat Anda manfaatkan. Anda bisa menawarkan jasa SEO Anda kepada bisnis kecil ataupun UKM tadi. Tidak seperti klien perusahaan, mungkin UKM masih kesulitan untuk membayar jasa SEO. Nah untuk mengatasi hambatan ini, Anda dapat bekerja sama dengan sistem bagi hasil. Ambil contoh di kota Anda ada produsen sepatu. Nah Anda dapat membantu pemasaran sepatu hasil produksi UKM tersebut lewat internet. Gunakan kemampuan SEO Anda untuk memasarkan sepatu tersebut.

Anda dapat membuat sebuah toko online/website yang memasarkan sepatu tadi. Misalkan si produsen memberikan harga 50.000 untuk sepasang sepatu. Nah sepasang sepatu tadi bisa Anda jual dengan harga 70 ataupun 80 ribu. Dengan demikian ada selisih yang dapat menjadi keuntungan bagi Anda.

Intinya, gunakan kemampuan SEO Anda untuk membantu pemasaran produk-produk UKM yang ada di sekitar Anda.

3. Ide Bisnis : Membuka Bisnis Sendiri Dengan Bekerja Sama Dengan Produsen Lokal

UKM Indonesia memiliki banyak potensi untuk dikembangkan (sumber gambar : antaranews.com ANTARA/R. Rekotomo).

UKM Indonesia memiliki banyak potensi untuk dikembangkan (sumber gambar : antaranews.com ANTARA/R. Rekotomo).

Masih berkaitan dengan ide bisnis yang kita bahas di nomor dua tadi, ide bisnis yang ketiga ini juga berkaitan dengan UKM/produsen lokal. Jika Anda berniat membuka bisnis sendiri maka ide bisnis yang ketiga ini layak untuk Anda realisasikan. Anda dapat bekerja sama dengan UKM/produsen lokal untuk membangun bisnis. Contoh, di kota Anda ada produsen sepatu yang butuh bantuan pemasaran. Nah Anda dapat bekerja sama dengan produsen sepatu itu.

Anda bisa membuka sebuah toko online sepatu dengan brand (merek) Anda sendiri. Dari mana mendapatkan sepatunya? Sepatunya bisa Anda dapatkan dengan bekerja sama dengan produsen sepatu tadi. Hanya saja, ketika sepatu tersebut dijual di internet Anda menjual sepatu tersebut dengan merek Anda. Dengan demikian, si produsen tadi bertindak sebagai supplier produk Anda. Anda fokus di bagian pemasaran dan penjualan sepatu tersebut.

Dibandingkan dengan dua ide bisnis sebelumnya, ide bisnis yang ketiga ini sedikit lebih kompleks. Sebab selain dituntut memiliki kemampuan SEO, Anda juga perlu memiliki kemampuan pengelolaan bisnis toko online. Anda juga harus menangani layanan pelanggan. Sebanding dengan risiko dan kerja keras yang Anda keluarkan, ide bisnis ketiga ini memberikan peluang keberhasilan yang amat potensial. Bayangkan ketika toko online sepatu Anda tadi sukses besar dan jadi merek terkenal. 🙂 Tentu saja bisnis tersebut akan menjadi aset besar milik Anda.

Itulah 3 ide bisnis dahsyat bermodalkan kemampuan SEO. Selain tiga ide bisnis di atas masih ada beberapa alternatif ide bisnis lainnya. Misalkan, Anda juga bisa membuka kursus SEO, Anda juga bisa menulis buku tentang SEO, Anda bisa menjual ebook tentang SEO, dan masih banyak lagi.

Semoga informasi dalam tulisan ini bermanfaat, dan selamat berjuang.

Semoga sukses selalu!

Jefferly Helianthusonfri

Penulis muda produktif yang sudah menulis lebih dari 26 buku internet marketing.

Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara yang bermimpi menjadi CEO Kompas Gramedia.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bisnis
  • bisnisbermodalkan website
  • kemampuan yang bisa di jual di internet
  • pengertian kemampuan seo
Be Sociable, Share!