3 Guru Blogging yang Menginspirasi Saya

Menjadi blogger, adalah profesi yang sudah saya lakukan sejak pertengahan 2011 lalu, ketika menjadi seorang blogger banyak sekali hal yang saya pelajari, mulai dari belajar strategi marketing di internet, belajar yang namanya SEO, belajar menghasilkan uang sendiri dengan memanfaatkan internet, dan banyak lagi.  Menjadi seorang blogger memang mendatangkan kepuasaan tersendiri, sebab selain kita bisa berekspresi lewat tulisan, kita juga bisa menumbuhkan kemampuan dan bakat kita.

Bicara soal blogging (ngeblog) saya termasuk orang yang telat kenal internet. Saya baru kenal internet itu tahun 2010, namun saya baru belajar membuat blog ketika memasuki tahun 2011. Waktu itu saya pemula sekali, baru bisa buat email saja, akan tetapi puji Tuhan setelah cukup lama belajar seputar teknis blog, saya mulai bisa menjadi seorang blogger.

Setiap blogger pasti punya guru sendiri-sendiri, termasuk saya. Nah pada posting kali ini saya akan bahas mengenai 3 guru blogging saya. Sebenarnya guru saya dalam ngeblog tidak hanya 3 ini, tapi ada banyak lagi, hanya saja 3 guru ini adalah guru-guru yang amat berkesan sebab sangat berpengaruh dalam perkembangan skill blogging saya.

Siapa saja ketiga guru tersebut? Ini dia info selengkapnya.

1. Kang Rohman

Nama Kang Rohman pasti sudah tidaklah asing dalam dunia blogger Indonesia, sosok lelaki asal Jawa Barat ini memang termasuk figur penting dalam membantu banyak “kelahiran” blogger di Indonesia. Termasuk saya sendiri, saya adalah salah satu anak didik tidak langsung dari Kang Rohman ini.

Ketika baru belajar membuat blog, saya banyak belajar seputar cara-cara mengelola blog dari kolom-tutorial.blogspot.com. Nah di blog itu dulu, banyak sekali tersaji tutorial ngeblog dengan blogger, mulai dari cara membuat blog, cara posting di blog, cara mengedit blog, hingga beragam tips SEO untuk blogger. Sangking sukanya belajar di tempat Kang Rohman waktu itu, setiap hari saya pasti selalu mampir dan belajar tutorial di blog Kang Rohman yang satu ini.

Kang Rohman sendiri bukanlah figur yang punya background dalam dunia blog, beliau dulu adalah seorang teknisi elektro, akan tetapi sampai saat ini Kang Rohman justru menjadi seorang blogger.

Kang Rohman saat ini punya beberapa blog, salah satunya adalah blog “versi baru” dari kolom tutorial, yakni KrTutorPlus.com. Di blog ini Kang Rohman menyajikan beragam artikel seputar tutorial untuk Blogger dan WordPress.

2. Kang Yudiono

Mungkin nama yang satu ini agak terasa asing di dunia blogger, akan tetapi Kang Yudiono adalah salah satu sosok yang patut diperhitungkan dalam dunia blogger Indonesia. Beliau adalah mantan seorang karyawan yang kini menjadi full time Blogger. Berpenghasilan ratusan sampai ribuan dollar per bulan, adalah salah satu prestasi dari sosok yang benama lengkap Herman Yudiono ini.

Saya sendiri banyak belajar dari Kang Yudiono, terutama dalam hal motivasi dan tips menulis di blog. Lewat tulisan-tulisannya di Blogodolar.com, Kang Yudiono mampu memotivasi dan memberi semangat kepada para blogger untuk senantiasa bekerja keras agar sukses sebagai seorang blogger.

Nah jika teman-teman juga mau banyak belajar seputar blog, maka saya rekomendasikan menjadi pembaca setia Blogodolar.com.Terima kasih Kang Yudiono.

3. Pak Medhy Aginta

Pak Mehdy Aginta, begitulah saya biasa memanggil sosok yang satu ini. Pak Medhy ini termasuk salah satu blogger yang menginspirasi saya, sebab beliau tidak hanya menjadi seorang blogger, tapi beliau juga sangat memperhatikan sisi akademis (pendidikan), bahkan saat posting ini dibuat, beliau sedang menempuh pendidikan di University of Missouri-Columbia.

Ketika dulu belajar ngeblog (saat masih pemula) sekali, saya banyak membaca tulisan Pak Medhy di Blogguebo.com. Dan berkat tulisan-tulisan tersebut, saya banyak belajar hal baru dalam make money online. Sampai saat ini pun saya masih suka mampir di blog tersebut.

Tidak hanya fokus dalam blogging, Pak Medhy juga sudah menerbitkan 2 buku seputar bisnis online dengan nemakai blog, informasi judul bukunya bisa Anda baca di blog beliau.

Nah rekan-rekan pembaca, itu dia 3 guru blogging yang amat berkesan bagi saya, bagaimana? Semoga menginspirasi Anda ya.

Salam sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • guru yang menginspirasi
  • saya 3 blogger
  • tulisan yang menginspirasi
  • blog yang menginspirasi
  • blog kangrohman blogger indonesia
  • tulisan background hape yang menginspirasi
  • Saya mengelola banyak blog dolar
  • artikel sosok yg menginspirasi
  • kolom-tutorial-blogspot com
  • kangrohman
Be Sociable, Share!