3 Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce di Indonesia

e-comerce-di-indonesia

Artikel ini adalah artikel tamu yang ditulis oleh Alfonsus Filius. Kunjungi websitenya di BKRentCar.com.

Tidak dapat dipungkiri bahwa e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut ditandai dengan pertumbuhan pengguna teknologinya juga yang meningkat.

Menurut data statistik yang dikutip dari Datamaya.com, “Lebih dari 50% pengguna smartphone melihat smartphone mereka setidak-tidaknya 1x dalam 1 jam, dan lebih dari 10% darinya mengecek smartphone mereka setiap beberapa menit”,  sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa e-commerce bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Meski sebelumnya sempat menuai pro dan kontra mengingat banyaknya penipuan pada bisnis online, namun dari waktu ke waktu e-commerce pada akhirnya bisa diterima oleh masyarakat.

Lebih dari itu, tidak sedikit masyarakat justru menjadi pelanggan dari bisnis yang menggunakan internet. Saat ini bahkan banyak situs bisnis online yang tidak hanya resmi tetapi juga diiklankan di televisi. Ini tentunya menjadi bukti nyata bahwa e-commerce tidak hanya berkembang tetapi juga diterima oleh masyarakat dunia.

Lalu, untuk Indonesia sendiri, faktor apakah yang mendukung perkembangan e-commerce di negara yang Jakarta sebagai ibu kotanya ini? Berikut jawabannya.

1. Jumlah Penduduk Indonesia dan Karakter Konsumtif

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang padat. Dengan demikian kebutuhan masyarakat Indonesia akan toko tentu saja semakin bertambah. Apalagi, karakter masyarakat Indonesia itu sendiri terbilang konsumtif dalam berbelanja, seperti yang dilansir dari kompasiana.com.

Dengan demikian, jumlah penduduk serta karakter masyarakat Indonesia yang konsumtif menjadi faktor pertama yang mendorong perkembangan e-commerce di Indonesia.

Apabila hal ini tidak segera disadari dengan cepat, lambat laun hal ini dapat merugikan diri sendiri karena tidak berfokus pada apa yang menjadi kebutuhan, tapi lebih mementingkan keinginan semata.

2. Bertambahnya Pengguna Smartphone dan Internet di Indonesia

penggunaan-smartphone-untuk-e-commerceIndonesia termasuk negara dengan jumlah pengguna internet yang cukup tinggi. Ini menjadi faktor lainnya yang mendorong perkembangan e-commerce di Indonesia. Apalagi, kemacetan di Indonesia akibat semakin banyaknya penduduk serta semakin banyaknya pengguna kendaraan pribadi pada akhirnya menjadikan masyarakat Indonesia khususnya pengguna internet untuk memilih berbelanja secara online.

Apalagi, pengguna smartphone di Indonesia semakin banyak saja. Ini tentunya semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses internet serta berbelanja secara online.

3. E-Commerce Lebih Praktis dan Menjangkau Cakupan yang Lebih Luas

Faktor lain yang juga mempengaruhi perkembangan e-commerce di Indonesia adalah kemudahan yang diberikan oleh bisnis online dibanding toko offline. Apalagi transaksinya dianggap lebih mudah, termasuk proses berbelanja yang lebih menghemat waktu. Hal ini dianggap lebih praktis, cepat dan mudah karena berbagai  mobilitas masyarakat Indonesia (khususnya Jakarta dan kota besar) yang umumnya dipadati dengan berbagai aktivitas.

Lebih dari itu e-commerce juga memiliki cakupan yang lebih luas, bisa di akses oleh seluruh masyarakat di Indonesia bahkan di dunia. Hal ini yang mendasari bahwa e-commerce bisa menjadi primadona dan menjadi pilihan banyak orang.

E-commerce menjadi industri yang perkembangannya dianggap sangat cepat. Ini tentunya tidak lepas dari faktor pendukung di atas yang membuat e-commerce di Indonesia menjadi menarik di mana masyarakat terjun di dalamnya.

Namun tentu saja, kita harus selalu berhati-hati dalam aktivitas belanja online karena akan selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan semata hanya untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu, kunci dari semua ini adalah kewaspadaan dan ketelitian dalam memilih.

Artikel ini ditulis oleh : Alfonsus Filius.

 

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • apa yang membuat e-commerce di indonesia berkembang dengan pesat
  • Faktor yang mendorong perkembangan e commerce
  • faktor yang mendorong perkembangan e-commerce
  • faktor pendorong meningkatnya aktivitas e-commerce di indonesia dekade akhir ini
  • faktor yang mendukung e commerce
  • faktor pendorong perkembangan e commerce
  • apakah faktor faktor pendorong meninfgkatnya aktivitas e- commerce di indonesia dekade akhir ini
  • faktor pendukung ecommerce
  • faktor yang menjadikan e-commerce cocok di indonesia
  • apa yang emmbuat e-commerce di indoesia brkembang dengan pesat
Be Sociable, Share!