3 Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis Blog

ide menulis blog
Blog merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet UKM. Sebagai sebuah media, blog juga dapat dijadikan sebagai sarana publikasi dan promosi bisnis Anda. Ketika Anda memiliki sebuah blog, Anda dapat menggunakan blog tersebut untuk memublikasikan berbagai event perusahaan Anda. Ketika Anda punya sebuah blog, Anda juga bisa menulis berbagai konten bermanfaat untuk menggaet pelanggan.

Sayangnya, mengelola sebuah blog tidaklah mudah. Ada berbagai tantangan yang dapat kita jumpai dalam proses mengelola sebuah blog. Salah satu tantangan yang kerap dijumpai oleh para blogger adalah kesulitan mendapatkan ide konten. Ketika mereka sulit menemukan ide konten, maka kegiatan menulis di blog pun menjadi terabaikan.

Lantas, bagaimana cara supaya mudah menndapatkan ide menulis di blog? Bagaimana kiat agar bisa produktif menulis di blog?

Berikut sejumlah kiat agar mudah mendapatkan ide menulis blog.

1. Cari Tahu Kebutuhan Audiens dengan Riset Kata Kunci

Dalam mengelola sebuah blog, salah satu kegiatan yang perlu dilakukan adalah riset kata kunci. Dalam buku Panduan Lengkap SEO Pemula Untuk Blogger, kami telah menjelaskan bahwa dengan riset kata kunci, seorang blogger bisa tahu kata kunci apa saja yang dicari oleh para pengguna internet. Dengan riset kata kunci, kita bisa membuat daftar yang berisi berbagai kata kunci. Nantinya, daftar kata kunci ini dapat dijadikan sebagai sumber ide menulis posting di blog.

Untuk melakukan riset kata kunci, ada berbagai tools yang dapat kita gunakan. Salah satu tools yang dapat dimanfaatkan untuk riset kata kunci adalah Google Keyword Planner. Langkah-langkah melakukan riset kata kunci dengan Google Keyword Planner dapat Anda pelajari di video berikut.

Usai melakukan riset kata kunci, kita memiliki sebuah daftar yang berisi berbagai kata kunci. Nah daftar kata kunci dapat dijadikan sebagai sumber ide menulis di blog.

Contoh daftar kata kunci.

Contoh daftar kata kunci.

2. Membaca Website Lain yang Topiknya Sama dengan Blog Anda

Kita juga bisa mendapatkan ide menulis dengan mengunjungi blog lain yang topiknya sama dengan blog kita. Misalkan topik blog Anda tentang kecantikan. Nah, Anda dapat mengunjungi blog lain yang topiknya juga seputar kecantikan. Selanjutnya, Anda bisa melihat seperti apa saja tulisan yang ada di blog tadi.

Setelah Anda mengetahui konten seperti apa yang ada di blog tersebut, Anda dapat membuat konten-konten yang sama. Hanya saja, tambahkanlah nilai konten Anda sehingga konten yang Anda hasilkan lebih baik dibanding konten yang sudah ada di blog tadi.

Untuk menambahkan nilai konten, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan.

  • Buatlah konten yang lebih lengkap (pembahasannya lebih mendalam).
  • Buatlah konten yang lebih panjang.
  • Tambahkan gambar pendukung, seperti infografik.
  • Tambahkan video.
Menambahkan video pada posting dapat meningkatkan nilai posting Anda.

Menambahkan video pada posting dapat meningkatkan nilai posting Anda.

Usai mengunjungi web/blog yang topiknya mirip dengan blog Anda, Anda bisa menuliskan berbagai ide yang muncul. Nah, ide tadi dapat Anda simpan dalam file dokumen. Selanjutnya, saat Anda kekeringan ide menulis, Anda bisa membuka kembali daftar ide yang sudah Anda buat.

3. Membaca Media yang Relevan dengan Blog Anda

Aktivitas ini juga perlu dilakukan para blogger. Guna mengikuti perkembangan terkini dari bidang blog Anda, Anda perlu membaca media yang relevan dengan blog Anda. Media yang relevan ini bisa berupa koran, majalah, media online, buku, siaran televisi, ataupun berbagai media lainnya.

Misalkan topik blog Anda tentang kewirausahaan. Nah, Anda dapat membaca media onlline yang topiknya seputar bisnis dan kewirausahaan. Selain itu, Anda juga bisa membaca buku-buku yang berkaitan dengan bidang kewirausahaan. Dengan rutin mengikuti media yang relevan, Anda tidak akan ketinggalan informasi aktual dalam bidang blog Anda.

Ketika Anda tetap mengikuti perkembangan terkini, Anda akan memiliki banyak ide menulis. Dengan demikian, Anda bisa tetap produktif dalam menulis di blog.

Rekan pembaca sekalian, dengan menerapkan 3 kiat di atas, dapat dipastikan Anda senantiasa memiliki banyak ide untuk menulis di blog. Intinya, agar bisa produktif menulis kita juga harus banyak membaca.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • Jefferly motivasi
Be Sociable, Share!