3 Cara Mengevaluasi Bisnis Online Anda

evaluasi-bisnis-online

Dalam kegiatan bisnis, evaluasi merukan hal yang penting. Dengan melakukan evaluasi, kita bisa tahu kekurangan kita. Selanjutnya kita dapat melakukan perbaikan atas kekurangan tersebut. Perbaikan secara terus menerus inilah yang akan menjadikan bisnis kita semakin berhasil.

Bicara soal bisnis online, bagaimana cara melakukan evaluasi pada bisnis online?

Dalam tulisan berikut, kami akan bahas 3 cara ampuh untuk membantu mengevaluasi bisnis online/pemasaran online yang Anda lakukan.

1. Ketahui Target Bisnis Anda. Apakah Sudah Tercapai?

Cara pertama untuk mengevaluasi bisnis Anda adalah dengan mengetahui target-target yang hendak Anda capai. Target ini bisa berupa omzet penjualan, jumlah penjualan, jumlah pengunjung web, jumlah penginstal aplikasi Anda, jumlah pengguna jasa Anda, dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan pemasaran online, pastikan Anda memiliki target-target tertentu. Tentu target ini dapat disesuaikan dengan bidang bisnis Anda. Contoh, jika bisnis Anda berupa toko online, maka targetnya bisa berupa trafik toko online dan jumlah penjualan. Makin tinggi trafik dan makin banyak penjualan yang terjadi, maka target Anda makin terlampaui.

Setelah Anda mengetahui dan menetapkan target, maka lakukan evaluasi secara berkala terhadap target tersebut. Misalkan target Anda selama sebulan kedepan adalah memiliki trafik sebanyak 30.000 orang per bulan. Setelah sebulan berlalu, cek apakah target web Anda sudah mencapai 30.000 pengunjung per bulan atau belum?

Jika sudah, maka target Anda sudah tercapai. Namun jika belum, tentu perlu dilakukan evaluasi. Anda bisa cek apa yang salah dengan strategi Anda. Anda bisa cari tahu di mana kekurangan Anda.

Untuk memudahkan Anda melakukan evaluasi, Anda bisa menerapkan konsep funneling di website. Dengan menerapkan konsep funneling, Anda akan sangat terbantu saat melakukan evaluasi bisnis online.

2. Cek Trafik Website Ataupun Data Akun Social Media Anda

Cara lain untuk melakukan evaluasi adalah dengan memantau data. Dalam bisnis dan pemasaran online, data dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Apalagi dengan teknologi yang ada, pemasaran di internet bisa sangat terukur. Bahkan kita bisa memantau data kinerja secara real time.

Oleh karena itu, sudah seharusnya jika kita para pelaku pemasaran online rutin melakukan evaluasi berdasarkan data yang ada.

Sebagai contoh, jika Anda punya website (entah itu toko online, blog, web penjualan, dsb), maka pantaulah data trafik website Anda. Tak hanya sekadar mengetahui jumlah pengunjung web, Anda juga bisa mengetahui seperti apa latar belakang (demografi, minat, perilaku) pengunjung web Anda.

Jika Anda membuat website memakai WordPress, maka Anda bisa manfaatkan fitur Stats yang sudah disediakan oleh plugin Jetpack. Dengan memakai fitur ini, Anda bisa memantau jumlah pageviews web Anda secara rutin dan berkala.

Tools lain yang juga bisa kita gunakan untuk memantau data trafik website adalah Google Analytics. Google Analytics menyajikan berbagai fitur analisis website yang lengkap dan powerful. Menariknya, tool ini dapat kita gunakan secara gratis. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan website Anda di Google Analytics, lalu mengintegrasikan web Anda ke Google Analytics.

Situs Google Analytics.

Situs Google Analytics.

Selain data trafik website, kita juga bisa melakukan evaluasi berdasarkan data-data dari akun media sosial. Misalkan jika Anda mengelola halaman Facebook, maka Anda bisa manfaatkan fitur Facebook Insights. Melalui fitur ini, Anda bisa memantau kinerja halaman Facebook Anda. Anda bisa tahu perilaku penggemar di halaman Anda, jenis konten yang disukai penggemar, demografi penggemar, dan lain sebagainya.

Fitur Facebook Insights.

Fitur Facebook Insights.

Bagi Anda yang melakukan Twitter marketing, Anda juga bisa memanfaatkan fitur statistik yang ada di Twitter. Setiap kali Anda membuat tweet, Anda bisa memantau seberap luas jangkauan tweet Anda. Anda juga bisa tahu berapa banyak klik yang terjadi pada tweet Anda.

Fitur statistik di Twitter.

Fitur statistik di Twitter.

3. Lakukan Survei

Cara ketiga untuk mengevaluasi bisnis adalah dengan melakukan survei. Survei dapat dilakukan jika Anda hendak mengetahui persepsi ataupun sikap target pasar Anda. Misalkan Anda ingin mengetahui tingkat kepuasan pembaca website Anda.

Selain itu, survei juga dapat dilakukan jika Anda ingin memahami target pasar Anda. Misalkan Anda mempertimbangkan untuk merilis produk baru. Sebelum merilis produk baru, Anda bisa lakukan survei terhadap mereka yang merupakan target pasar Anda.

Google Forms.

Google Forms.

Salah satu tool yang dapat Anda gunakan untuk membuat survei adalah Google Forms. Dengan Google Forms, kita bisa membuat survei dengan mudah dan praktis. Selanjutnya, survei tersebut dapat kita sebar di internet.

Untuk memudahkan proses pembuatan survei, ada baiknya Anda ketahui dulu apa tujuan survei Anda. Apakah untuk mengetahui persepsi target market, ingin mengetahui perilaku konsumsi mereka, atau justru ingin mengetahui pendapat/pemikiran mereka. Setelah Anda tahu apa tujuan surveinya, susunlah pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya ingin Anda ketahui.

Misalkan Anda ingin melakukan survei untuk mengetahui perilaku konsumsi target market. Nah Anda bisa membuat pertanyaan seputar :

  • jenis kelamin,
  • usia,
  • tingkat pendapatan,
  • tingkat konsumsi (jumlah uang yang dibelanjakan) untuk produk/bidang tertentu,
  • preferensi mereka dalam memilih produk,
  • preferensi mereka dalam memilih cara berbelanja,
  • harapan mereka terhadap produsen/penjual.

Setelah surveinya jadi, Anda tinggal menyebarkan survei tersebut ke target yang tepat. Anda bisa manfaatkan jaringan publikasi yang Anda miliki. Bisa gunakan blog, web, akun media sosial, list email, ataupun jaringan publikasi lainnya.

Setelah survei disebar, orang-orang akan mulai menjawab. Selanjutnya, Anda bisa kumpulkan data tersebut. Nah, data dari survei tadi dapat menjadi bahan evaluasi untuk bisnis online Anda.

Teman-teman, itulah tiga cara mudah untuk mengevaluasi bisnis online. Semoga menginspirasi dan silakan dipraktikkan.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • mengevaluasi bisnis
  • mengevaluasi pemasaran online
  • cara mengevaluasi pemasaran online
  • cara mengevaluasi bisnis online shop
  • cara mengevaluasi bisnis
  • cara mengevaluasi bisnis online
  • cara mengevaluasi penjualan
  • materi meeting evaluasi bisnis online
  • mengevaluasi bis
  • cara evaluasi dalam bisnis online shop
Be Sociable, Share!