20 Cara Memperbanyak Follower Twitter

Klik di sini jika Anda mau mendapatkan berbagai tips-tips SOCIAL MEDIA MARKETING secara GRATIS.

follower TwitterTwitter, merupakan salah satu media sosial yang populer dan begitu lekat dalam kehidupan kita. Bicara soal Twitter tentu tidak bisa lepas dari yang namanya follower. Memiliki banyak follower menjadi motivasi dari sebagian pengguna Twitter saat ini.

Semakin banyak follower, semakin dikenal akun Anda. Tentu saja hal ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kita, mulai dari bisa meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan reputasi kita di dunia maya, sampai bisa menjadi sumber uang.

Ya betul, punya banyak follower Twitter punya dampak positif bagi kita.

Tak heran sekarang banyak orang berlomba-lomba agar bisa memiliki ribuan bahkan puluhan ribu follower. Nah di artikel ini kami akan bahas 20 cara memperbanyak follower Twitter untuk Anda, mudah-mudahan setelah membaca dan praktik follower Anda bisa terus bertambah banyak. Selengkapnya inilah 20 cara inspiratif untuk memperbanyak pengikut Anda di Twitter.

1. Mulailah Dari Nama dan Bio Twitter yang Menarik

Ya ini mutlak sangat diperlukan. Jika nama dan bio Twitter Anda tidak menarik, orang akan kurang tertarik untuk mem-follow akun Twitter Anda. Lihatlah berbagai akun Twitter yang punya banyak follower, mereka biasanya memakai nama yang unik sekaligus menarik.

Selain nama Twitter yang menarik, bio (deskripsi singkat) akun Twitter Anda pun juga harus menarik. Semakin menarik bio Twitter Anda, semakin banyak orang yang akan tertarik menjadi follower Anda. Pastikan bio Twitter Anda memberikan gambaran yang jelas tentang betapa menariknya akun Twitter Anda. Berikut beberapa contoh akun Twitter yang bisa menjadi inspirasi Anda. ๐Ÿ™‚

nama dan bio Twitter yang menarikAkun Twitter Mahasiswa Jogja2. Promosikan Twitter Anda Lewat Seminar/Buku Anda

Jika Anda adalah seorang trainer, dan atau praktisi maka tentulah Anda akan sering mengadakan seminar atau menulis buku. Nah manfaatkan hal tersebut untuk promosi akun Twitter Anda.

Tulislah sebuah buku secara rutin, jika Anda persisten mempromosikan akun Twitter Anda di buku-buku yang Anda tulis, yakinlah akun Twitter Anda akan punya banyak follower.

Selain lewat media buku, Anda juga bisa mempromosikan akun Twitter Anda melalui seminar-seminar yang Anda bawakan. Silakan dicoba. Kami di JefferlySuperClub juga kerap mempromosikan akun Twitter masing-masing penulis di buku-buku yang kami terbitkan. ๐Ÿ™‚

3. Kombinasikan Akun Twitter Anda dengan Facebook dan Google Plus

Kendati Anda ingin memperbanyak follower Twitter, jangan lupa untuk juga mempromosikan akun Twitter Anda di Facebook dan beragam jejaring sosial lainnya, seperti Google Plus.

Misalkan kalau Anda punya fans page di Facebook, maka promosikan juga akun Twitter Anda di sana. Demikian pula dengan Google Plus, jika Anda aktif bersocial media di Google Plus, promosikan juga akun Twitter Anda di Google Plus.

Dengan melakukan kegiatan semacam ini, follower Anda akan berasal dari banyak jejaring sosial, tidak hanya dari Twitter, tetapi sejumlah channel media sosial lain juga bisa Anda kuasai. ๐Ÿ™‚

4. Memperbanyak Follower Melalui Promosi Lewat Kartu Nama

Jika Anda adalah seorang pebisnis, entah itu bisnis online ataupun offline, pastikan Anda punya kartu nama. Ippho Santosa dalam bukunya 10 Jurus Terlarang pun sudah mewanti-wanti agar setiap pelaku bisnis punya kartu nama.

Nah jika Anda sudah punya kartu nama, pastikan akun Twitter Anda juga dimasukkan di dalam kartu nama tersebut. Jadi ketika ada orang yang menerima kartu nama Anda, mereka akan tahu akun Twitter Anda. Barangkali saja mereka tertarik untuk mem-follownya.

5. Gunakan Akun-Akun Lain Untuk Membantu Promosi Akun Twitter Anda

Misalkan Anda punya akun Twitter yang merupakan akun Twitter dari perusahaan/bisnis Anda. Ya anggaplah perusahaan Anda menjual produk panduan diet untuk ibu-ibu, maka Anda bisa buat akun Twitter lain dengan topik kesehatan ibu dan anak. Selanjutnya Anda kembangkan akun Twitter kesehatan ibu dan anak tadi.

Ketika follower akun tersebut sudah banyak, silakan arahkan follower akun kesehatan ibu dan anak tadi untuk menjadi follower akun Twitter dari perusahaan Anda. Buatlah beberapa akun yang terkait dengan akun Twitter utama Anda. Gunakan akun-akun pembantu tadi untuk mempromosikan akun Twitter utama Anda.

6.ย  Manfaatkan Para Buzzer

promosi melalui TwitterUntuk cara yang satu ini, Anda perlu mengeluarkan biaya. Yakni biaya untuk membaya para buzzer. Buzzer adalah akun-akun Twitter yang punya banyak follower dan mereka bisa mempengaruhi follower-followernya agar melakukan suatu tindakan, seperti misalnya mem-follow akun lain.

Akun-akun buzzer ini biasanya punya banyak follower, jumlah followernya bisa puluhan sampai ratusan ribu. Tentunya tidak murah untuk bisa memanfaatkan para buzzer ini.

Ketika Anda membayar para buzzer, mereka akan mempromosikan akun Twitter Anda kepada follower mereka, nah dari sana mudah-mudahan akun Twitter Anda mendapatkan banyak follower baru.

7. Follow Dulu Akun Twitter Orang Lain

Ya follow dulu akun Twitter orang lain, jika mereka tertarik dengan akun Anda mereka akan follback Anda. Bagaimana membangun image agar akun Twitter Anda menarik bagi orang lain?

Jawabannya adalah :

  • dengan menggunakan nama dan bio Twitter yang menarik.
  • Gunakan foto profil Twitter yang menarik juga.
  • Sajikan konten yang bermanfaat untuk para followerย Anda. Jika konten Anda menghibur, menarik dan bermanfaat dapat dipastikan orang-orang akan tertarik untuk menjadi follower akun-akun Anda.

ย 8.ย  Kelola Akun Twitter Anda Secara Aktif

Jika akun Twitter Anda tidak terurus, orang-orang akan malas untuk memfollow akun Anda. Buat apa follow akun yang sudah tidak aktif, menuh-menuhin following aja. ๐Ÿ˜€

Jika Anda mau punya banyak follower, maka kelola akun Twitter Anda secara profesional. Pastikan akun Twitter Anda selalu siap sedia dan secara rutin menyajikan konten (tweet) yang segar, menarik dan bermanfaat bagi follower-follower nya.

9. Gunakan Posting Blog Anda Untuk Promosi Akun Twitter

Anda punya blog? Jika ya maka pastikan Anda rutin mempromosikan akun Twitter Anda melalui berbagai posting yang Anda buat di blog. Ada banyak cara, entah itu dengan menghubungkan (menlink-an) artikel dengan akun Twitter Anda, dengan menuliskan username akun Twitter Anda di setiap akhir artikel, dan banyak lagi.

10. Pasang Widget Twitter di Website Anda

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan guna mempromosikan akun Twitter di blog/web Anda adalah dengan memasang widget Twitter di blog/website Anda.

Hadirnya widget ini akan memudahkan para pembaca blog/website Anda untuk memantau akun Twitter Anda, jika mereka tertarik tentu saja mereka akan mem-follow Anda. Silakan buat widget Twitter secara mudah dan praktis dengan mengunjungi alamat : https://twitter.com/settings/widgets/.

contoh widget Twitter di blog11. Manfaatkan Email

Sering berkomunikasi dengan email? Silakan Anda promosikan akun Twitter Anda lewat email-email yang Anda kirimkan.

Biasakan untuk menuliskan nama dan username akun Twitter Anda pada akhir email yang Anda kirimkan. Yakinlah hal ini bisa membantu menjadikan akun Twitter Anda semakin dikenal oleh orang-orang.

12. Manfaatkan Kompasiana

Kompasiana adalah salah satu media sosial milik Kompas Gramedia yang dapat kita manfaatkan untuk kepentingan promosi bisnis online. Di Kompasiana kita bisa menulis artikel, entah itu berupa reportase ataupun opini kita. Nah di dalam tulisan-tulisan yang kita publikasikan tersebut sesekali kita bisa mempromosikan akun Twitter ataupun alamat website yang kita miliki.

Bagaimana, Anda tertarik mencobanya? Segera daftar dan sering-seringlah menulis di Kompasiana.com.

promosi akun twitter lewat Kompasiana13. Manfaatkan Hashtag

Hashtag juga perlu Anda optimalkan guna menjaring follower baru. Penggunaan hashtag pada tweet yang Anda buat akan menjadikan tweetย Anda mudah ditemukan ketika orang-orang mencari suatu informasi melalui kotak pencari di Twitter.

Misalkan Anda buat tweet tentang cara menyatakan cinta, maka Anda bisa gunakan hashtag #NyatakanCinta atau #CaraMenyatakanCinta. Kelak ketika orang-orang di Twitter mencari informasi tentang cara menyatakan cinta, mereka akan dengan mudah menemukan akun Anda.

Jika mereka tertarik, tentu mereka akan mem-follow akun Twitter Anda.

tips bisnis di Twitter

pencarian tips bisnis di Twitter

hasil pencarian dengan hashtag #tipsbisnis

14. Tingkatkan Interaksi dengan Follower Anda

Seperti yang sudah kita bahas di poin nomor 8, akun Twitter harus dikelola secara aktif. Nah dalam pengelolaan akun Twitter jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan follower-follower Anda.

Interaksi dengan follower Anda akan menjadikan hubungan tetap terjaga sehingga mereka akan tetap setia untuk mengikuti akun Twitter Anda.

Selain itu ketika follower berinteraksi dengan akun Anda, follower-follower mereka juga bisa melihat interaksi yang dilakukan. Barangkali saja follower-nya si follower Anda juga tertartik mem-follow akun Anda. ๐Ÿ™‚

15. Adakan Kontes di Twitter

Tidak hanya di Facebook, di Twitter kontes juga merupakan salah satu ajang pencarian follower yang cukup sering digunakan. Mengadakan kontes bisa membuat akun Twitter Anda menjadi perbincangan dan orang-orang ramai-ramai akan mem-follow akun Anda.

16. Promosikan Akun Twitter Anda Lewat Iklan

Tak ada salahnya mengiklankan akun Twitter Anda guna menjaring lebih banyak follower. Iklan yang Anda gunakan bisa berupa iklan PPC kontekstual, iklan di Facebook, iklan di situs PPC lokal ataupun jenis-jenis iklan lainnya.

Silakan tonton video review situs periklanan Indonesia jika Anda mau memperdalam pengetahuan Anda tentang periklanan online.

17. Promosikan Akun Twitter Anda Lewat Ebook

Ebook atau electronic book juga merupakan salah satu media penyebaran informasi yang sangat efektif di internet. Melalui ebook Anda bisa mempromosikan produk/bisnis Anda.

Anda bisa buat sebuah ebook yang berkaitan dengan bidang bisnis Anda, lalu promosikan akun Twitter Anda di dalamnya. Misalkan bisnis Anda adalah bisnis menjual produk diet, maka Anda bisa buat ebook tentang panduan diet, lalu di dalam ebook tersebut sertakan rekomendasi agar mem-follow akun Twitter Anda. Kemudian setelah ebook Anda jadi, silakan sebarkan ebook Anda agar orang-orang mendownload dan membacanya.

Ketika pembaca ebook Anda tertarik, tentu mereka akan mem-follow akun Twitter yang Anda rekomendasikan.

pelajari cara membuat ebook di sini.

18. Bagikan Hadiah Terbatas dengan Syarat

Salah satu cara unik yang bisa Anda gunakan dalam memperbanyak follower Twitter adalah dengan membagikan hadiah gratis dengan syarat.

Misalkan Anda membuat ebook yang super duper keren, orang-orang tertarik mendownloadnya. Namun berikan syarat bahwa jika mau mendownload ebook yang keren itu, si pendownload harus follow akun Twitter Anda dulu. Dengan cara semacam ini, akun Twitter Anda akan mendapatkan banyak follower baru.

Tentu saja, trik dan cara ini bisa Anda kreasikan lebih lanjut.

19. Buat Video, Bagikan Video Tersebut di Youtube

promosi akun Twitter lewat YoutubeBuatlah sebuah video, lalu di dalam video tersebut sertakan ajakan/rekomendasi untuk memfollow akun Twitter Anda. Setelah videonya jadi, silakan distribusikan video tersebut melalui Youtube.

Silakan bangun channel Anda di Youtube, manfaatkan channel tersebut untuk promosi bisnis online Anda.

20. Gunakan Layanan Situs Penambah Follower

Cara ini adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, namun tidak kami rekomendasikan jika Anda menggunakan Twitter untuk kegiatan bisnis.

Kenapa? Karena follower yang Anda dapatkan biasanya adalah follower yang kurang tertarget. Sehingga kendati Anda sudah punya banyak follower, lalu Anda mempromosikan produk ke follower tersebut, bisa jadi angka konversinya sangat kecil. Ini disebabkan karena follower Anda kurang tertarget dan mereka follow Anda karena terpaksa.

Situs seperti YouLikeHits.com merupakan contoh situs yang menyediakan layanan penambahan follower semacam ini.

Itulah 20 cara memperbanyak follower Twitter, semoga bermanfaat. Anda juga boleh menambahkan dan berbagi trik/cara yang pernah Anda gunakan. ๐Ÿ™‚

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara mempromosikan twitter
  • cara mempromosikan akun twitter
  • cara promosi twitter
  • cara promosi akun twitter
  • cara mempromosikan twitter baru
  • cara mempromosikan twitter di fb
  • cara mempromosikan twitter agar banyak followers
  • promosi twitter
  • promote dengan akun di twitter
  • promosi twitter agar banyak followers
Be Sociable, Share!