10 Istilah Dasar SEO yang Perlu Anda Pahami Dalam Belajar SEO

10 istilah SEO

Ada 10 istilah dasar SEO yang perlu Anda ketahui sekaligus Anda pahami. Pemahaman terhadap 10 istilah dasar ini akan memudahkan Anda ketika belajar SEO secara lebih mendalam.

Apa saja ke-10 istilah dasar SEO tersebut? Mari kita bahas di artikel ini. Mudah-mudahan 10 istilah dasar SEO yang kita bahas kali ini bisa mempermudah Anda belajar SEO.

1. Title (Title Tag)

Adalah sebuah istilah lain dari nama/judul dari sebuah halaman website di internet. Dalam SEO, title ini adalah bagian yang amat penting lho. Kenapa? Karena title inilah bagian yang pertama kali akan diindex oleh mesin pencari ketika mereka mengindex sebuah halaman di internet.

Pastikan dalam melakukan optimasi SEO, Anda membuat title yang ramah bagi mesin pencari. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan kata kunci bidikan Anda pada bagian title.

title tag dalam SEO

2. Meta Description

Ini adalah bagian yang menjelaskan deskripsi dari sebuah halaman website. Agar lebih optimal dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, pastikan Anda juga mengoptimalkan meta description ketika melakukan optimalisasi SEO on page.

Bagian meta description ini bisa Anda isi dengan deskripsi singkat dan menarik dari halaman website Anda. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan meta description ini melalui plugin WordPress SEO by Yoast.

meta description dalam SEO

3. SERP (Search Engine Results Page)

SERP = Search Engine Results Page adalah hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari.

Misalkan Anda mengetik kata kunci “Jefferly Helianthusonfri” di Google maka Google akan menampilkan berbagai hasil pencarian seputar “Jefferly Helianthusonfri”. Nah itulah yang dinamakan dengan SERP.

Cukup jelas? ๐Ÿ˜‰

SERP Jefferly Helianthusonfri

4. Keyword

Nah yang satu ini sangat wajib Anda ketahui ketika belajar/praktik SEO.

Keyword ini adalah istilah lain dari kata kunci. Praktisi SEO, para pelaku SEO biasanya lebih sering menyebut istilah “keyword” dibanding kata kunci.

Kata kunci/keyword adalah kata yang digunakan oleh seseorang ketika hendak mencari suatu informasi di mesin pencari. Misalkan Anda ke Google, lalu Anda ketik “buku Jefferly Helianthusonfri” maka frasa “buku Jefferly Helianthusonfri” itulah yang sering disebut dengan kata kunci.

Kalau Anda sudah membaca buku 5 Cara Jitu Agar Web Anda Ranking 1 di Google tentu saja Anda sudah paham berbagai jenis keyword yang ada dalam SEO. Mulai dari long tail keyword, exact keyword, dan sebagainya.

5. Indexing

Indexing berarti kegiatan yang dilakukan oleh mesin pencari untuk mengumpulkan dan menyimpan semua halaman website yang ada di internet. Mesin pencari melalui robotnya selalu berusaha mencari berbagai halaman website baru di internet untuk kemudian ditambahkan kedalam database mereka. Nah itulah yang dinamakan indexing.

Hasil indexing itu berupa index (indeks) yang berisi data berbagai halaman website yang ada di internet.

6. Riset Keyword (Keyword Research)

Ketika Anda memperdalam pengetahuan di bidang SEO maka Anda akan sering mendengar yang namanya riset keyword (riset kata kunci).

Apa sih riset keyword itu?

Riset keyword adalah riset untuk mencari tahu kata kunci (keyword) apa saja yang paling cocok dan tepat untuk kita optimalkan di website kita.

Sebelum melakukan optimasi SEO terlebih dahulu kita perlu melakukan yang namanya riset kata kunci. Dengan begitu kita bisa menemukan kata kunci yang paling tepat untuk website kita.

7. Link

Link artinya adalah tautan/keterkaitan antar halaman website di internet. Misalkan web A terhubung dengan web B nah itulah yang dinamakan dengan link.

Link ada dua jenis, yakni :

  • Internal link : semua link yang ada di website Anda (dengan catatan link tersebut tidak keluar dari website Anda).
  • External link : semua link yang keluar atau masuk ke website Anda.

Misal Anda memberi link ke situs A maka itu termasuk external link. Kemudian kalau web Anda dapat link dari situs B maka itu juga dikategorikan external link.

8. Anchor Text

Pernahkah Anda mendengar anchor text?

Anchor text adalah teks yang mengandung hyperlink. Ketika Anda menemukan kata-kata yang mengandung link (hyperlink) maka itulah yang dinamakan anchor text.

anchor text

9. Page Rank

Page rank adalah istilah yang menyatakan ranking suatu website di internet. Page rank yang cukup populer di internet adalah page rank yang dikeluarkan oleh Google, yakni ranking yang dikeluarkan oleh Google untuk menilai seberap “besar” website tersebut.

Semakin besar page rank suatu website, bisa dibilang web tersebut semakin populer dan punya posisi yang kuat di mesin pencari. Contoh Facebook.com adalah situs dengan page rank 9. (Maksimal page rank adalah 10).

page rank Facebook

Page rank juga bisa menjadi semacam identitas pengakuan terhadap website Anda. Semakin tinggi page rank web Anda maka Anda sebagai pemilik akan semakin dihormati. Kenapa? Karena Anda akan dianggap jago ketika page rank website Anda bisa merangkak ke posisi yang tinggi.

10. Alexa Rank

Selain istilah page rank juga ada istilah Alexa rank. Yakni ranking yang dikeluarkan oleh Alexa.com. Berbanding terbalik dengan Google Page Rank, semakin kecil Alexa rank semakin baik.

Blogger dan pemilik website di internet selalu berusaha mengecilkan Alexa rank mereka. Sebab semakin “langsing” Alexa rank mereka maka semakin tinggi nilai web tersebut di mata Alexa.

Alexa rank

Alexa rank ini kerap dipakai oleh para pemasang iklan untuk menilai seberapa tinggi popularitas website tersebut di Internet. Untuk mengetahui Alexa rank suatu website, Anda pernah memasangย Alexa toolbar di web browser Anda.

Klik di sini jika Anda mau membaca panduan menginstal Alexa rank di web browser Anda.

Semoga artikel 10 istilah dasar SEO ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mengeksplorasi dunia SEO.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • Cengfaaim
  • istilah 10 buku internet
  • istilah menampilkan hasil dengan kata kunci
  • istilah testimoni di buku
  • istilah yang digunakan untuk menyebut suatu mesin pencari adalah
  • istilah yg digunakan untuk menyebut suatu mesin pencari adalah
  • istilah yg digunakan untuk menyebut suatu mesin pencaru
  • pahami seo
  • seo dasar
Be Sociable, Share!